Shofyan, Shofyan (2024) Implikasi kompetensi guru terhadap prestasi siswa di MANU 01 Banyuputih Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5221028 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (3MB) |
|
Text
5221028 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
5221028 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kompetensi guru memainkan peran krusial dalam pencapaian prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai aspek kompetensi guru, termasuk kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial terhadap prestasi siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah (1) menganalisis kompetensi guru di MANU 01 Banyuputih Batang (2 Untuk menganalisis prestasi siswa di MANU 01 Banyuputih Batang (3) Untuk menganalisis implikasi kompetensi guru terhadap prestasi siswa di MANU 01 Banyuputih Batang. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu studi yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap implikasi kompetensi guru terhadap prestasi siswa yang diamati. Dari penelitian ini di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan implikasi kompetensi guru terhadap prestasi siswa, adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru yang tinggi secara signifikan berkorelasi positif dengan peningkatan prestasi akademik siswa. Kompetensi pedagogik, yang mencakup kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, terbukti memberikan dampak terbesar dalam memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi ajar. Kompetensi profesional, yang berkaitan dengan penguasaan substansi keilmuan, juga memberikan pengaruh signifikan dalam memperkaya pengalaman belajar siswa. Selain itu, kompetensi sosial dan kepribadian guru yang baik turut membangun lingkungan belajar yang positif dan mendukung motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | implikasi, Kompetensi Guru, Prestasi siswa | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:01 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11680 |
Actions (login required)
View Item |