Karimah, Mela Diah (2023) Implementasi Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Insan Robbani Karangrejo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2417063_Bab I dan Bab V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2417063_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Kegiatan bermain bersama yang dilakukan bersama sekelompok teman menjadikan anak mampu menilai dirinya, tentang kelebihan yang anak miliki dan dapat menimbulkan sikap percaya diri. Permainan tradisional yaitu suatu permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini yaitu dengan bermain permainan tradisional. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan bahwa di PAUD Insan Robbani Karangrejo ini masih banyak anak yang kurang percaya diri, masih malu-malu dalam bermain ada juga anak yang tidak suka bermain bersama temannya, lebih nyaman bermain sendiri di pojokan kelas dan pada sarana dan prasarananya masih belum memadai, pada ruang kelasnya dan alat mainnya belum cukup lengkap untuk kegiatan permainan tradisional. Rumusan masalah yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi: (1)Bagaimana implementasi permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? (2)Bagaimana perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? (3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? Hasil penelitian ini adalah implementasi permainan tradisional dilakukan dengan tahap persiapan yaitu melalui kegiatan terprogam (RPPH), tahap pelaksanaan yaitu sesuai dengan kurikulum, tahap evaluasi yaitu review dan perbaikan. Karakteristik dilakukan dengan indikator; tanggung jawab pada diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Faktor yang mendukung kecerdasan sosial yaitu faktor kematangan dan faktor lingkungan sedangkan faktor yang menghambat kecerdasan sosial yaitu lingkungan dan sarana prasarana
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional, Sosial, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:25 | ||||||||
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11699 |
Actions (login required)
View Item |