Implementasi Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Insan Robbani Karangrejo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan

Karimah, Mela Diah (2023) Implementasi Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Insan Robbani Karangrejo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2417063_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2417063_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan bermain bersama yang dilakukan bersama sekelompok teman menjadikan anak mampu menilai dirinya, tentang kelebihan yang anak miliki dan dapat menimbulkan sikap percaya diri. Permainan tradisional yaitu suatu permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini yaitu dengan bermain permainan tradisional. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan bahwa di PAUD Insan Robbani Karangrejo ini masih banyak anak yang kurang percaya diri, masih malu-malu dalam bermain ada juga anak yang tidak suka bermain bersama temannya, lebih nyaman bermain sendiri di pojokan kelas dan pada sarana dan prasarananya masih belum memadai, pada ruang kelasnya dan alat mainnya belum cukup lengkap untuk kegiatan permainan tradisional. Rumusan masalah yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi: (1)Bagaimana implementasi permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? (2)Bagaimana perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? (3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? Hasil penelitian ini adalah implementasi permainan tradisional dilakukan dengan tahap persiapan yaitu melalui kegiatan terprogam (RPPH), tahap pelaksanaan yaitu sesuai dengan kurikulum, tahap evaluasi yaitu review dan perbaikan. Karakteristik dilakukan dengan indikator; tanggung jawab pada diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Faktor yang mendukung kecerdasan sosial yaitu faktor kematangan dan faktor lingkungan sedangkan faktor yang menghambat kecerdasan sosial yaitu lingkungan dan sarana prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Sosial, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:25
Last Modified: 19 Nov 2024 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item