Agustia, Intan rizka (2018) Korelasi hafalan al-qur’an dengan perilaku keagamaan siswa di MTs Nurul islam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Salah satu perkembangan yang ada dimasyarakat adalah seni dalam menghafal Alquran. Tradisi ini merupakan salah satu fenomena umat Islam untuk menghadirkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari oleh sebagian umat Islam di Indonesia. Kegiatan menghafal Alquran yang dilakukan siswa dapat meneladani karakter-karakter akhlak Allah Swt. Disamping itu, peneliti juga menemukan masalah yang sejalan dengan beberapa peristiwa yang mewarnai realitas dalam dunia pendidikan yang kini nampak mulai memprihatinkan. Dimana kondisi moral remaja dan generasi muda yang belum mampu menumbuhkan karakter, kemandirian, dan religius pada usia remaja. Masa remaja juga merupakan masa perkembangan moral dan masa terjadinya kebangkitan spiritual yang ditandai dengan meningkatnya minat remaja pada Agama. Berdasarkan permasalahan tersebut kiranya perlu dikaji secara mendalam tentang kegiatan menghafal Alquran yang dilaksanakan di MTs Nurul Islam Pekalongan yang berusaha menciptakan generasi Qurani dengan cara mempelajari, menghafal dan mengamalkan isi kandungan Alquran dengan tujuanmelakukan pembinaan siswa yang sesuai dengan ajaran Islam yang bersumber pada Alquran dan hadis. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana hafalan Alquran di MTs Nurul Islam Pekalongan? Bagaimana perilaku keagamaan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan? Adakah korelasi hafalan Alquran dengan perilaku keagamaan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistic Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses hafalan Alquran mempunyai rata-rata 80,25 terletak pada interval 62,51 ≤ skor ≤ 81,25 termasuk kategori baik. Perilaku keagamaan siswa rata-rata 70,81 terletak pada interval 62,51 ≤ skor ≤ 81,25 termasuk kategori baik. Dan pada perhitungan statistik dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment yaitu rxy = 0,498. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 0,266 maka rxy > rt, maka H0 ditolak Ha diterima. Sedangkan pada taraf signifikan 1% rt = 0,345 berarti rxy > rt , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Variabel X dengan variabel Y. Artinya bahwa Hafalan Alquran memiliki korelasi positif yang signifikan dengan perilaku keagamaan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan. Dengan demikian maka hipotesis yang dapat diterima baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al-Qur’an dan Perilaku Keagamaan siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2020 03:12 | ||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2020 03:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1170 |
Actions (login required)
View Item |