Fatimatuzzahro, Wiwit (2024) Pengaruh keaktifan belajar siswa di madrasah diniyah terhadap perilaku religius siswa dan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
50222011 - Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
50222011 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
50222011 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perilaku religius merupakan suatu sikap sesorang yang berkaitan dengan ajaran agamanya. Perilaku religius juga tidak terlepas dari pengaruh lingkungan yang saat ini marak dengan tingkat kenakalan, sehingga dengan adanya kekatifan siswa dalam madrasah diniyah yang didalamnya memuat ajaran-ajaran agama Islam dapat berpengaruh dalam meningkatkan perilaku religius siswa serta meningkatkan keberhasilan prestasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal. Dari penelitian ini diharapkan dapat menganalisis pengaruh keaktifan belajar di madrasah diniyah terhadap perilaku religius dan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Kramat Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Untuk tempat penelitian di SMP Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji t, uji f dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan SPSS 26. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat pengaruh antara keaktifan belajar di madrasah diniyah dengan perilaku religius siswa dan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier di atas dengan nilai Thitung 11,704 pada perilaku religius siswa dan Thitung 2,980 pada prestasi belajar mata Pelajaran Pendidikan agama Islam Dimana nilai tersebut lebih besar dari Ttabel 1.993 dan nilai Fhitung sebesar 135,989 pada perilaku religius dan nilai Fhitung 8,878 pada prestasi belajar Dimana nilai ini lebih besar dari Ftabel 3.12 serta nilai sig. 0.000 dan 0,004 lebih besar dari 0.05. Dengan nilai R square 0,655 atau 65,5 % pada perilaku religius dan 0,110 atau 11% pada prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh keaktifan belajar di madrasah diniyah terhadap perilaku religius siswa dan prestasi belajar mata Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal. Peneliti menyarankan agar siswa, guru dan orang tua berperan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah diniyah. sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mata Pelajaran Pendidikan agama Islam jauh lebih baik lagi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | keaktifan Belajar, Perilaku Religius, Prestasi Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:16 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11725 |
Actions (login required)
View Item |