Pembinaan akhlak siswa di SMP islam al-khoiriyah desa Klareyan kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang

Mudlofa, Nina (2018) Pembinaan akhlak siswa di SMP islam al-khoiriyah desa Klareyan kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembinaan akhlak merupakan usaha dalam mendidik dan melatih dengan sungguh-sungguh terhadap berbagai potensi rohaniah yang terdapat dalam diri manusia. Dalam lembaga pendidikan (sekolah) pembinaan akhlak dapat diintegrasikan pada mata pelajaran, penetapan tata tertib sekolah dan juga ekstrakurikuler. SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang ini menjadikan pembinaan akhlak sebagai upaya untuk meningkatkan akhlak siswa kearah yang lebih baik serta agar dapat memunculkan akhlak yang mulia.Sehingga siswa yang berakhlak mulia dapat membatasi diri dari perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan akhlak siswa di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan akhlak siswa di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat penelitian di Islam Al-Khoiriyah Petarukan Pemalang. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pembinaan akhlak dan siswa. Untuk informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah dan staff dewan guru . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan metode deduktif, yaitu cara berfikir yang menemukan pengetahuan dari yang bersifat umum menjadi khusus. Hasil penelitian ini yaitu secara umum perilaku siswa di SMP Islam Al-Khoiriyah Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang sudah cukup baik, prosentase anak yang melanggar dengan anak yang mematuhi aturan sekolah adalah jauh lebih banyak yang mematuhi dari pada yang melanggar karena sekolah mempunyai aturan yang sangat ketat dan aturan tersebut sudah terlampir dalam tatatertib siswa. Kemudian SMP Islam Al-Khoiriyah Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang berupaya untuk meminimalisir hal yang kurang baik pada siswa dengan melakukan pembinaan akhlak dengan tujuan untuk membentuk akhlakul karimah siswa seperti visi SMP Islam Al-Khoiriyah Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yaitu “Terwujudnya peserta didik yang berprestasi sehat dan Islami serta santun dalam bersikap”, pembinaan yang dilakukan untuk membina akhlak siswa adalah sebagai berikut :memberikan nasihat, membiasakan shalat dzuhur berjamaah dan tahlil kubro pada hari jumat kliwon dan sodaqoh setiap hari Jumat serta membiasakan saliman sebelum masuk kelas, pendekatan kepada siswa, serta menerapkan metode: motivasi, dialog, kisah, dan pembiasaan. Kemudian yang menjadi faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa yaitu Fakor pendukung yang berasal dari dalam diantaranya dalah adanya kemauan dari guru untuk mebina akhlak siswa dan dari siswanya itu sendiri ada kemauan dan niat untuk dibina.Dan faktor pendukung yang berasal dari luar yaitu Faktor dari luar diantaranya yaitu adanya fasilitas, sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan pembinaan akhlak siswa.Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa, siswa memiliki sifat dan karakter yang berbeda ada yang mudah untuk dibina dan ada yang susah untuk dibina.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, faktor pendukung dan penghambat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:13
Last Modified: 14 Dec 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item