Pengaruh sikap disiplin terhadap prestasi belajar peserta didik kelas vi SDN Proyonanggan 14 kabupaten Batang

Maulidi, Akhmad Rizka (2018) Pengaruh sikap disiplin terhadap prestasi belajar peserta didik kelas vi SDN Proyonanggan 14 kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Sikap disiplin merupakan prasyarat bagi setiap peserta didik dalam belajar untuk mencapai sukses. Diharapkan mereka yang mempunyai sikap disiplin tinggi bisa menjadi yang terbaik, artinya untuk mencapai prestasi yang baik dalam belajarnya seseorang harus mempunyai sikap disiplin terutama dalam belajar untuk dapat mengarahkan semua kemampuan yang dimiliki. Prestasi peserta didik SDN Proyonanggan 14 cukup baik, prestasi mereka dapat dilihat dari perolehan piala maupun piagam. Piala maupun piagam yang diperoleh dapat sebagai bukti bahwa SDN Proyonanggan 14 mempunyai prestasi dalam bidang akademis bagus. Prestasi belajar peserta didik SDN Proyonanggan 14 juga baik, prestasi belajar mereka dapat dilihat dari hasil kelulusan peserta didik tiap tahun lulus 100%. Permasalahan yang penulis kemukakan dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana sikap disiplin belajar peserta didik kelas VI SDN Proyonanggan 14 Kabupaten Batang. Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas VI SDN proyonanggan 14 Kabupaten Batang. Bagaimana pengaruh sikap disiplin belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VI SDN proyonanggan 14 Kabupaten Batang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Definisi operasional variable ada 2 yaitu sikap disiplin dan prestasi belajar. Metode penelitian ini, juga memerlukan populasi penelitian dengan sample peserta didik kelas VI SDN Proyonanggan 14 yang berjumlah 30 peserta didik dan prestasi belajar / nilai raport Semester I Tahun 2017/2018. Kemudian sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, metode angket, dan metode dokumentasi. Dalam pengolahan data menggunakan rumus product moment sehingga diketahui hasil penelitian ini. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa tingkat disiplin peserta didik kelas VI SDN Proyonanggan 14 dikategorikan baik, hal ini dibuktikan dengan memperoleh nilai angket disiplin yang rata-rata 46,76 terdapat pada interval 45,02-51,01 (di kategorikan baik) dan prestasi belajar peserta didik kelas VI SDN Proyonanggan 14 juga dapat dikatakan baik dengan nilai raport semester I rata-rata 70,20 terdapat pada interval 70,00-74,00 (di kategorikan baik). Adapun pengaruh yang signifikan antara sikap disiplin terhadap prestasi belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan rumus product moment diketahui rxy = 0,506 = |rh| dengan koefisien determinasi (R²) = 25,7% pada taraf signifikansi 5% rt = 0,361 sedangkan |rh| = 0,506 berarti |rh| > rt dan pada taraf signifikansi 1% rt = 0,470 sedangkan rh = 0,506 berarti |rh| > rt. Jadi pada taraf signifikansi 5% atau 1% dapat disimpulkan antara sikap disiplin terdapat korelasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Disiplin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:13
Last Modified: 14 Dec 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item