Sentiani, Emi (2023) Pembacaan Wirdul Lathif dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional pada Remaja (Studi Kasus Di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin Desa Pekuncen Kabupaten Pekalongan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
Text
3319006-Bab1&5.pdf Download (4MB) |
|
Text
3319006-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
3319006-lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Setiap manusia memiliki tiga kecerdasan dalam dirinya yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan spriritual (SQ), dan keceerdasan emosional (EQ). EQ berkontribusi 2 kali lebih penting dalam mempengaruhi kesuksesan dibandingkan IQ. Banyak remaja yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah ditandai dengan adanya remaja yang suka bertengkar, emosi yang kurang stabil, mudah tersinggung, susah diajak kerja sama, individualis, dan pemalu. Kasus tersebut menunjukkan bahwa remaja yang belum memiliki kecerdas secara emosional sangatlah mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif. Dari situlah kecerdasan emosional sangat lah penting dimiliki seorang remaja. Rumusan masalah penelitian ini ialah : 1) Bagaimana gambaran kecerdasan emosional remaja di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembacaan wirdul lathif untuk mengembangkan kecerdasan emosional pada remaja di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin?. Tujuan Penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional remaja di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembacaan wirdul lathif dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada remaja di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan 1) Sumber data primer, 2) Sumber data skunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. metode analisis data yang digunakan adalah model analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Gambaran kecerdasan emosional remaja di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin mengalami perkembangan, antara sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pembacaan wirid wirdul lathif. Ada beberapa indikator kecerdasan emosional yang muncul. Diantaranya yaitu Ada beberapa indikator kecerdasan emosional yang muncul. Beberapa indikator yang didapatkan yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, ketrapilan social 2) Pelaksanaan pembacaan wirdul lathif untuk mengembangkan kecerdasan emosional pada remaja di Majlis Taklim Miftahul Muta’alimin. Pelaksanaan pembacaan Wirdul Lathif diawali dengan: 1) Tawasul, 2)Membaca asmaul husnah, 3) Bacaan-bacaan wirdul lathi
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Wirdul Lathif , keceerdasan emosional, remaja | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.2 Tasawuf 600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 610 Medical and Medicine Science(IlmuKedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 615.8 Physical Therapies and Kinds of Therapics/Terapi Fisik dan Jenis-jenis Terapi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Tasawuf dan Psikoterapi | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:36 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2024 03:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11770 |
Actions (login required)
View Item |