Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembuatan Telur Asin Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan.

Herawati, Herawati (2024) Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembuatan Telur Asin Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
2321013_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter merupakan aspek penting dalam pengembangan pribadi siswa yang mencakup nilai-nilai moral, etika, dan perilaku yang baik. Salah satu langkah yang dilakukan guru dalam meningkatkan karakter dalam kurikulum merdeka yaitu dengan melakukan projek yang ditetapkan pemerintah dengan tema tertentu yang kemudian dikembangkan. Peningkatan karakter profil pelajar pancasila dapat dilakukan dengan guru melakukan program yang ada di P5 melalui pembuatan telur asin dengan tema Kearifan Lokal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi projek profil pelajar pancasila (P5) melalui pembuatan telur asin siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dan karakter apa saja yang muncul pada saat proses pembuatan telur asin siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila melaui pembuatan telur asin dalam meningkatkan karakter profil pelajar pancasila siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari serta untuk mengidentifikasi karakter yang muncul pada saat proses pembuatan telur asin siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (file research), dengan pendektan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas II atau sumber data sekunder lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data diambil dari triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi teknik dan 3) Triangulasi waktu. Oleh karena itu, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan pembuatan telur asin siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rejosari melibatkan berbagai tahap yaitu 1) tahap perencanaan meliputi; pembuatan dan pengajuan proposal kegiatan, sosialisasi kegiatan pembuatan telur asin, ketersediaan alat dan bahan. 2) tahap pelaksanaan yang meliputi; tahap pengenalan proses telur asin, tahap pembuatan telur asin, pembuatan telur asin terdiri dari beberapa proses yaitu: proses pengumpulan telur asin dan garam setiap siswa, proses pencucian telur, proses penjemuran telur, proses pengamplasan telur, proses pelarutan garam dan air, proses pemberian larutan garam dan air untuk direndam selama 14 hari dan terakhir proses pematangan telur setelah melewati masa perendaman. 3) tahap evaluasi yang meliputi; refleksi dan penilaian kegiatan projek. Kedua adapun projek penguatan profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dapat memunculkan empat dimensi profil pelajar pancasila meliputi beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur,, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Implementasi P5, Karakter Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:24
Last Modified: 02 Dec 2024 08:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item