Fitrianur, Nurma (2022) Komunikasi Organisasi Pengelola Akun Instagram @Komunitashijrahku Sebagai Media Dakwah Di Kalangan Generasi Z. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
3418103 - Bab1&5.pdf Download (6MB) |
|
Text
3418103 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
3418103 - lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fitrianur, Nurma 2022. Komunikasi Organisasi Pengelola Akun Instagram @Komunitashijrahku sebagai Media Dakwah di Kalangan Generasi Z. Skripsi Jurusan Ushuluddin Adan dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Dr. Muhandis Azzuhri, Lc, M.A Kata Kunci: Komunikasi organisasi, media dakwah, Instagram, @Komunitashijrahku Komunitashijrahku ini didirikan oleh Ustadah Syarifah Hidayatullah. awal berdirinya komunitas ini dari rasa khawatir terhadap lingkungan sekitar khususnya anak SMA (sekolah menengah utama), jika dilihat dari kehidupan sehari-hari disekolah beberapa dari mereka ada yang melakukan kenakalan remaja tidak lain seperti pacaran dan kurangnya sopan santun terhadap guru. Melihat realitas yang maka didirikan komunitashijrahku dengan ciri unik untuk menarik perhatian generasi Z dimana mereka termasuk generasi yang lahir pada zaman digital, dibentuk lah komunitas ini lewat akun instagram yang tentunya mudah dan kekinian ditambah lagi pada saat itu trend hijrahku masih hangat diperbincangakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan menggunakan pendekatan kualiatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer ialah ketua, pengurus, admin instagram dan pihak piak yang terlibat dalam komunitashijrahku dan sumber sekunder berupa karya ilmiah, dokumentasi dan buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data model Miles dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan yaitu pola komunikasi yang terjadi dalam komunitashijrahku sangat beragam sesuai dengan permasalah yang mereka hadapi. Diantara lima pola yang ada komunitashijrahku memakai tiga pola organisasi pola lingkaran, pola saluran dan pola roda. Pola lingkaran digunakan pada kegiatan KOPI (kajian penuh inspirasi), DISKON (diskusi online). Pola saluran digunakan pada kegiatan ORASI (obrolan penuh inspirasi). Dan pola roda digunakan pada kegiatan Kelas tahsin online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi organisasi, media dakwah, Instagram, @Komunitashijrahku | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:58 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11843 |
Actions (login required)
View Item |