Strategi Komunikasi dalam Menanamkan Akhlak Pada Anak di Era Digital (Studi Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Jakarta Selatan)

Eliza, Siti Nur (2022) Strategi Komunikasi dalam Menanamkan Akhlak Pada Anak di Era Digital (Studi Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Jakarta Selatan). Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418041_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3418041_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3418041_lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

transformasi menjadi era digital. Selain membawa dampak positif dari berbagai sektor seperti informasi, hiburan, ekonomi, dan lain sebagainya, tetapi didalamnya juga terdapat dampak negatif. Salah satu dampak era digital yang mempengaruhi anak ialah masalah perilaku atau akhlak. Sehubungan dengan hal tersebut, problem serupa juga dialami oleh siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Al- Khairiyah. Hasil observasi yang dilakukan menemukan jika persoalan akibat dampak era digital mengakibatkan anak menjadi kurang terkontrol dalam bermedia sosial, perkataan yang kurang sopan terhadap sesama teman sebaya maupun guru, terlalu sibuk bermain gadget hingga lupa kewajiban untuk beribadah dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR), dan lain sebagainya. Oleh karena itu, guna mengatasi permasalahan ini maka dilakukan strategi komunikasi yang diterapkan untuk siswa dan siswi. Adapun peneliti menerangkan tujuan penelitian yakni untuk mengetahui strategi komunikasi menanamkan akhlak pada anak di era digital (Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah) dan hasil dari strategi komunikasi tentang menanamkan akhlak pada anak (Madrasah Ibtidaiyah Al- Khairiyah) di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan memakai jenis penelitian lapangan lewat pendekatan deksriptif yang mana akan menggambarkan hubungan serta pandangan yang terjadi pada sebuah lingkup responden dan lebih menekankan makna hasilnya serta bersifat apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara analisis data yang dimasukkan ialah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan upaya strategi komunikasi yakni: 1). Memberikan keteladanan kepada siswa; 2). Melakukan pendekatan secara pribadi; 3). Memberikan hukuman yang mendidik. Sementara hasil strategi komunikasi menggunakan teori budaya organisasi menujukkan 1). Perencanaan dengan melakukan koordinasi dari tenaga didik Madrasah membahas tentang program yang akan dilakukan. Sementara budaya organisasi Madrasah meliputi tadarus Al- Qur’an, pembacaan asmaul husna, dan infaq, 2). Proses sebuah kegiatan dan budaya yang direalisasikan diawasi oleh guru setempat pada saat jam belajar mengajar, 3). Evaluasi dari strategi komunikasi yang memperlihatkan siswa menjadi lebih terbiasa terhadap kegiatan tersebut, dan pihak sekolah terus berusaha meningkatkan semangat siswa-siswi agar seterusnya melaksanakan kegiatan serta budaya yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMisbakhudin, MisbakhudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Komunikasi, Akhlak, Era Digital.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 11 Dec 2024 07:59
Last Modified: 11 Dec 2024 07:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item