Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Yapensa Jenggot Pekalongan

Firdaus, Muhammad Thoriqul (2024) Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Yapensa Jenggot Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220087_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220087_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220087_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran kosakata ialah suatu proses penyajian materi pembelajaran berupa kumpulan kata-kata untuk pembelajaran bahasa. Kosakata adalah elemen penting dalam mempelajari bahasa asing terutama bahasa Arab. Dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab perlu memakai metode, strategi dan media yang sesuai sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang dijelaskan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media flashcard dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VIII MTS YAPENSA Jenggot, dan bagaimana kelayakan media flashcard dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VIII MTS YAPENSA Jenggot. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui proses pengembangan media flashcard dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab di kelas VIII MTS YAPENSA Jenggot dan untuk mengetahui kelayakan media flashcard dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab di kelas VIII MTS YAPENSA Jenggot. Dalam penelitian ini akan menggunakan penelitian pengembangan Research and Delevopment (R&D). penelitian pengembangan Research and Delevopment (R&D) merupakan metode yang fokus dalam menciptakan suatu produk dan sudah melalui pengkajian serta keefektifan dari produk sesuai dengan tujuan penulisan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Kelayakan produk media flashcard akan diperoleh melalui penilaian dari para ahli dan respon dari peserta didik dan guru. Presentase kelayakan yang didapatkan dari ahli media mendapatkan skor sebesar 92% (sangat layak), presentase kelayakan dari ahli materi mendapatkan skor sebesar 85% dengan (sangat layak), kelayakan media respon peserta didik terhadap media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 81% (sangat layak), kelayakan media dari respon guru mendapatkan presentase sebesar 94% (sangat layak). Dengan hasil data tersebut media flashcard dinyatakan sangat layak untuk digunakan di kelas VIII MTS YAPENSA Jenggot.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, Muhammad199006082019031004-
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kosakata Bahasa Arab, Media, Flashcard
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Dec 2024 07:24
Last Modified: 16 Dec 2024 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item