Muhamad Hafid Nurfadilah, Hafid (2024) Implementasi Kitab Ra’sun Sirah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220128_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220128_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2220128_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Muhamad Hafid Nurfadilah, 2024 Implementsi Kitab Ra’sun Sirah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes. Kata Kunci: Implementasi, Kitab Ra’sun Sirah, Madrasah Diniyah. Penelitian ini berangkat dari permasalahan Implementsi Kitab Ra’sun Sirah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes fokus utamanya yaitu pada pembelajaran kitab Ra’sun Sirah yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup unik, berawal dari kosakata Arab yang kemudian di artikan langsung dengan bahasa Jawa dan latar belakang pendidikan siswa/santri MDTA Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes bukan berbasis pesantren atau madrasah melainkan mayoritas berasal dari SD dan SMP yang sebagian besar berlatar belakang dari kalangan umum. Berpijak pada uraian di atas rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Ra’sun Sirah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes. Apa problermatia dan solusi dalam pembelajaran kitab Ra’sun Sirah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes. Adapun tujuan penelitian ini guna mengetahui bagaimana Implementsi Kitab Ra’sun Sirah dalam pembelajaran bahasa Arab, apa problematika dalam pembelajaran kitab Ra’sun Sirah dan solusi dalam menyelesaikan problematika tersebut. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif Sumber data primer yaitu: Guru, siawa dan kepala madrasah. Sedangkan sumber data sekunder berupa buku dan data kepustakaan yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun teknik analisis data adalah teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: Implementsi Kitab Ra’sun Sirah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes. Dalam penerapannya terdapat tiga pokok kegiatan yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab, antara lain tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Mengetahui apa probletika dan bagaimana solusi dalam Implementsi Kitab Ra’sun Sirah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Afkar Banjaranyar Brebes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kitab Ra’sun Sirah, Madrasah Diniyah. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2024 06:20 | ||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2024 06:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11928 |
Actions (login required)
View Item |