Adjie, Eva Fathu Rohmah (2024) Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Merdeka Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120265_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120265_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2120265_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di dalam pembelajaran seorang guru harus memiliki pemahaman dan keterampilan yang baik, termasuk dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyengkan bagi peserta didik agar mereka merasa termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Ada banyak cara yang ada untuk meningkatkan rasa motivasi pada diri peserta didik. Salah satunya dengan pemberian Reward dan Punishment yang diterapkan di SMK Merdeka Ulujami Pemalang. Penerapan pemberian Reward dan Punishment di SMK Merdeka yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik dan juga menambah rasa minat belajar yang tinggi akan Pendidikan Agama Islam di SMK Merdeka. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemberian Reward dan Punishment? dan apa saja faktor yang pendukung dan penghambat pemberian Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Merdeka Ulujami Pemalang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari pemberian Reward dan Punishment di SMK Merdeka Ulujami Pemalang. Jenis penelitian adalah penelitian lapang atau filed research dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan penelitian di lapangan yaitu di SMK Merdeka untuk melihat bagaimana pemberian Reward dan Punishment dalam pembelajaran Pendidikan agama islam disana. Dan melalukan pengumpulan data dengan melalukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian Reward dan Punishment di SMK Merdeka difokuskan untuk membentuk karakter siswa dan membantu menyiapkan lingkungan yang positif dan membantu perkembangan mereka secara menyeluruh. Untuk faktor pendukung terdiri dari dukungan dan dorongan guru, pemahaman dan juga penerapa nilai-nilai agama, dan tujuan pembelajaran yang jelas. Untuk faktor penghambat terdiri dari lingkungan sekolah, kurangnya kesadaran dari diri peserta didik, dan kurangnya komunikasi antara orang tua dan guru sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2024 06:38 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2024 06:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11953 |
Actions (login required)
View Item |