Strategi Peningkatanikompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Adibah, Salma (2024) Strategi Peningkatanikompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120082_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120082_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2120082_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu dari empat kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang guru. Namun seringkali dijumpai, ada guru yang tidak menguasai kompetensi ini, seperti kurang melakukan perencanaan kelas, kurang menguasai kelas, tidak mengembangkan metode pembelajaran, serta kurang mengevaluasi pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu menerapkan fungsi pengembangan, pembinaan, kompensasi, dan fungsi pengawasan atau disebut juga supervisi. Supervisi membantu memastikan konsistensi dalam penerapan metode pengajaran dan strategi pembelajaran. Ini memastikan bahwa pendidik mengembangkan keterampilan pedagogik secara konsisten dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh institusi atau kurikulum. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam melalui supervisi akademik di SMP Negeri 1 Kedungwuni?, kedua, Apa saja faktor yang mempengaruhi strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam melalui supervisi akademik di SMP Negeri 1 Kedungwuni?. Tujuan penelitian yaitu pertama, untuk mendeskripsiksan strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam melalui supervisi akademik di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Kedua, untuk mengetahui faktor yang memengaruhi strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam melalui supervisi akademik di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:35
Last Modified: 19 Dec 2024 04:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item