Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Angkatan 2022 Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Uin K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

Mahfudz, Syahal (2024) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Angkatan 2022 Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Uin K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220133_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220133_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220133_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Arab pada prodi PBA di UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan masih mempunyai banyak problem, yang paling sering dialami oleh mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran seperti problem linguistik (kebahasaan) dan non linguistik (non-kebahasaan). Problem ini terutama dialami oleh para mahasiswa yang latar belakannya dari sekolah menengah atas (SMA) dan sederajatnya. Dalam pembelajaran bahasa para mahasiswa harus mempunyai ke tanggapan serta kesungguhan dalam mempelajarinya, salah satunya dalam pembelajaran bahasa Arab ini karena pasti ada kesulitan dalam mempelajarinya. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini menghasilkan bahwa ada beberapa problematika dalam proses pembelajaran bahasa Arab yaitu : (1) Problem linguistik, meliputi : mahasiswa belum begitu paham dengan perubahan makna kalimat, istilah-istilah Arab, kurangnya kosakata dan mufrodat yang dihafal, kurangnya pemahaman i’rab. (2) Problematika dari aspek non linguistik meliputi pembelajaran bahasa Arab di kelas yang kurang efektif, metode yang kurang efektif, lingkungan kurang mendukung dalam kecakapan berbahasa Arab, metode yang kurang efektif, fasilitas yang kurang mendukung, lebih memilih cara instan dari pada belajar. Upaya yang dilakukan dosen yaitu memberikan tugas yang mengarah pada hasil, menentukan strategi, metode dan media yang sesuai dengan situasi dan kondisi mahasiswanya, merencanakan dengan matang setiap pertemuan dengan materi yang akan diajarkan, membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pengalaman, membimbing mahasiswa, selalu memberikan semangat dan motivasi agar selalu semangat dalam belajar. Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa meliputi belajar mandiri dengan literasi yang ada, menambah hafalan kosa kata, mengatur waktu, serta mengikuti pelatihan-pelatihan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. Nurul198711022023211018-
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab,Problem Linguistik, Problem Non-Linguistik, Solusi
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:42
Last Modified: 19 Dec 2024 07:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item