Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Karakter dalam Upaya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 01 Kalimas

Normalita, Ayu (2024) Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Karakter dalam Upaya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 01 Kalimas. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121103_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (549kB)
[img] Text
2121103_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran di era kurikulum merdeka menekankan kepada teknologi, dimana guru berusaha memperkenalkan kepada peserta didik tentang perkembangan teknologi. Pembelajaran dengan metode ceramah saja dikatakan kurang optimal karena peserta didik merasa kurang aktif, bosan serta kurangnya pemahaman materi yang di sampaikan sehingga membuat hasil belajar peserta didik menurun. Untuk itu, sangat penting bagi sekolah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis digital yang bisa digunakan dan meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengembangan , validasi, dan keeefektifan media Pop-Up Book Digital berbasis karakter dalam upaya proyek penguatan profil pelajar pancasila di SD Negeri 01 Kalimas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan, mendeskripsikan validasi, serta mendeskripsikan nilai keefektifan media Pop-Up Book Digital berbasis karakter dalam upaya proyek penguatan profil pelajar pancasila di SD Negeri 01 Kalimas. Penelitian ini dikategorikan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yaitu studi pendahuluan, merencanakan penelitian, pengembangan produk, uji produk secara terbatas atau uji lapangan pendahuluan, revisi hasil uji lapangan terbatas, pengujian lapangan pertama, revisi uji lapangan pertama, uji lapangan final, revisi produk akhir, mendesiminasikan dan mengimplementasikan . Hasil penelitian uji validitas media Pop-Up Book Digital materi ”Senangnya Berteman Antar Agama” berdasarkan penilaian : (1) Ahli media menunjukkan hasil nilai sebanyak 95,2% yang termasuk kategori ”Sangat Valid”. (2) Ahli materi menunjukkan 96.9% yang termasuk kategori ”Sangat Valid”. (3) Peserta didik kelas V di SD Negeri 01 Kalimas dengan uji N-Gain mengatakan nilai rata-rata sebesar 0,76 atau 76% sesuai kriteria N-gain menunjukkan nilai keefektifan yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini dinyatakan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book Digital dengan materi ”Senangnya Berteman Antar Agama” layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNur Hasanah, FatmawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media pembelajaran, Pop-Up Book Digital, Karakter.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:11
Last Modified: 19 Dec 2024 04:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item