Mila, Shohifatul (2024) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Mapel Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pada Kelas 10 Teknik Otomotif Di Smk Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pewkalongan.
Text
2120157_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120157_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2120157_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
Abstract
Shohifatul Mila, 2024. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Mapel Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pada Kelas TO 1 Di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : H. M. Yasin Abidin, M.Pd. Shohifatul Mila, 2024. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Mapel Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pada Kelas TO 1 Di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : H. M. Yasin Abidin, M.Pd. Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Mapel BTQ, Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pembelajaran mapel BTQ merupakan pembelajaran yang sering digunakan memperdalam ilmu agama dengan serangkain pembelajaran pada pengenalan huruf hiajiyah sampai tajwid yang menjadi dasar dalam membaca Al-Qur’an. Pembelajaran mapel BTQ ini menjadi salah satu pengaruh besar terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran, tingkat kefasihan dalam membaca Al-Qur’an, dan pengaruh pelaksanaan pembelajaran mapel baca tulis al-qur’an terhadap kefasihan membaca al-qur’an pada kelas 10 TO 1 Di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan pembelajaran mapel baca tulis al-qur’an terhadap kefasihan membaca al-qur’an pada siswa kelas tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, test dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 reponden. Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program SPSS25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pelaksanaan pembelajaran Mapel Baca Tulis Al-Qur’an tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an. Karena kefasihan membaca Al-qur’an bisa dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, Mapel BTQ, Kefasihan Membaca Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 06:18 | ||||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 06:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11987 |
Actions (login required)
View Item |