Mahdiyah, Laelatul. (2024) “Implementasi kurikulum merdeka pada projek peguatan profil pelajar pancasila guna menanamkan kreativitas peserta didik kelas 4 SD Islam 01 YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120218_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (377kB) |
|
Text
2120218_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka diperkenalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Tujuan utamanya adalah penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang menekankan karakter, keterampilan, dan kreativitas siswa. Di SD Islam 01 YMI Wonopringgo, penerapan kurikulum ini diharapkan dapat menanamkan kreativitas peserta didik kelas 4 melalui proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Isu gaya hidup berkelanjutan semakin penting seiring meningkatnya kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan. Proyek ini membantu siswa belajar tentang keberlanjutan dan cara menerapkannya. Namun, tantangan muncul dalam implementasi kurikulum yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka dalam proyek gaya hidup berkelanjutan, dampaknya terhadap kreativitas siswa, serta mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan 1) bagaimana strategi guru pada projek penguatan profil pelajar pancasila guna menanamkan kreativitas peserta didik kelas 4 SD Islam 01 YMI Wonopringgo. 2) bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada projek peguatan profil pelajar pancasila guna menanamkan kreativitas peserta didik kelas 4 SD Islam 01 YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Metode penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SD Islam 01 YMI Wonopringgo, strategi penanaman kreativitas peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis peserta didik dan project-based learning yang relevan dengan lingkungan sekolah. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan mencakup pembentukan tim fasilitator, identifikasi kesiapan sekolah, penentuan tema, dimensi penilaian, dan penyusunan modul proyek. Pelaksanaan terdiri dari empat tahap: pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas proses dan hasil, serta mendorong siswa merefleksikan pengalaman dan mengevaluasi hasil karya serta proses kerja mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kreativitas, SD Islam 01 YMI Wonopringgo Kabupate Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:52 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11998 |
Actions (login required)
View Item |