Aryadi, Renita Diah Feby (2024) Pengaruh Islamic Branding, Religious Commitment, Kualitas Produk Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Di Kalangan Gen Z Pada Perguruan Tinggi Berbasis Islam Di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4120112_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4120112_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
4120112_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam era globalisasi, keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk branding, nilai religius, kualitas produk, dan gaya hidup. Bagi generasi Z, sebagai kelompok usia yang mendominasi pasar saat ini, preferensi pembelian dipengaruhi oleh kebutuhan akan produk yang tidak hanya fungsional tetapi juga mencerminkan nilai dan identitas pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh islamic branding, religious commitment, kualitas produk dan lifestyle terhadap keputusan pembelian produk hijab di kalangan gen Z pada perguruan tinggi berbasis Islam di Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden mahasiswa di perguruan tinggi berbasis islam di Pekalongan (UIN, UMPP, ITSNU, STAIKAP). Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Metode analisis yang digunakan yaitu uji instrument (uji validitas, uji reliabilitas), uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji linieritas), dan uji hipotesis (uji T, uji F, uji koefisien determinasi). Data dalam penelitian ini diolah menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel islamic branding tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusab pembelian, dengan nilai t hitung (0,192) < t tabel (1,986). 2) variabel religious commitmen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung (4,495) > t tabel (1,986). 3) variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung (0,871) < t tabel (1,986). 4) variabel lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung (2,813) > t tabel (1,986). 5) Kemudian secara simultan, variabel islamic branding, religious commitmen, kualitas produk, dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung (27,277) > f tabel (2,31).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | islamic branding, keputusan pembelian, kualitas produk, lifestyle, dan religious commitment. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12009 |
Actions (login required)
View Item |