Fakih, Muhamad Safik (2024) Implementasi Android Based Test Pada Evaluasi Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP N 3 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120071_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (398kB) |
|
Text
2120071_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
Abstract
Perkembangan zaman yang terjadi begitu cepat membuat teknologi informasi dan komunikasi juga bertumbuh dengan sangat cepat. Dampak adanya hal tersebut membawa perubahan yang cukup besar dalam berbagai lini kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Terlebih lagi, adanya teknologi membuat generasi sekarang disebut sebagai generasi digital native yaitu generasi yang cenderung menghabiskan waktunya dengan bermain teknologi digital. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital mampu mendukung adanya kebijakan paperless. Maka dari itu, android based test merupakan alternatif yang bisa digunakan dalam evaluasi pembelajaran agar lebih efektif dan efesien. Hal ini, seperti yang telah dilakukan oleh SMP N 3 Bojong yang merupakan SMP di Kabupaten Pekalongan pertama yang menggunakan android based test pada evaluasi pembelajaran sejak tahun 2019. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu; Bagaimana implementasi android based test pada evaluasi pembelajaran PAI di kelas VIII, Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi android based test pada evaluasi pembelajaran siswa kelas VIII, dan Bagaimana dampak dari implementasi android based test pada evaluasi pembelajaran PAI pada hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, penelitian ini sumber data primer berasal dari wawancara kepada guru PAI, siswa, kepala sekolah, dan tim IT SMP N 3 Bojong Kabupaten Pekalongan. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, yaitu daftar hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Bojong Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi android based test pada evaluasi pembelajaran PAI kelas VIII SMP N 3 Bojong Kabupaten Pekalongan dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dimana kepala sekolah, para guru termasuk guru PAI, dan Tim IT saling bersinergi. Implementasi android based test ini terdapat faktor pendukung berupa kemudahan akses teknologi, efesiensi waktu dan tenaga, fitur-fitur modern di android based test, serta pemberian fasilitas dan reward dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah literasi digital rendah, kendala teknis, serta anggaran dan biaya. Tidak hanya itu, implementasi android based test ini memiliki dampak bagi hasil belajar kognitif siswa berupa peningkatan efesiensi ujian, penilaian yang lebih akurat dan terukur, serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Android Based Test, Evaluasi Pembelajaran PAI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:06 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12034 |
Actions (login required)
View Item |