Asna, Naila Tamamil (2024) Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Mneningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di TPQ Khoirun Nisa’ Desa Gondang Kecamatan Wonopriggo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2121091_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (408kB) |
|
Text
2121091_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Khoirun Nisa’.mengalami penurunan dikarenaka metode pada proses pembelajaran yang monoton.dan faktor lingkungan yang tidak mendukung sehingga mengakibatkan kesulitan santri dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Maka, pembelajaran yang bermakna yang dapat menumbuhkan semangat santri dan dapat membantu santri dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar tidak akan lepas dari penggunaan meode yang tepat, salah satunya dengan metode yanbu’a. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Khoirun Nisa’ Desa Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?; 2) Bagaimana cara membaca Al-Qur’an dalam perspektif metode yanbu’a?; 3) apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Khoirun Nisa’Desa Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapagan (field research) dengan pedekatan penelitian deksriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pegumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana dengan tahap: Reduksi data, Penyajian data, dan Verifiksi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Khoirun Nisa’ terdiri dari target pembelajaran, media yang digunakan dalam proses pembelajaran, penataan kelas dengan posisi membentuk dua barisan vertikal, teknik pembelaaran dengan klsikal menggunakan alat peraga dan kitab jilid yanbu’a, kemudian melakukan evaluasi kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Cara membaca Al-Qur’an dalam perspektif metode yanbu’a yaitu dengan tartil dan tahqiq. Faktor pendukung yang mempengaruhi kemampaun membaca Al-Qur’an santri di TPQ Khoirun Nisa’ antara lain motivasi dalan diri anak, lingkungan teman, guru, orang tua, sarana, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Khoirun Nisa’ antara lain sifat kurangnya kesadaran pentinya belajar, rasa malas, ligkungan teman, orang tua, dan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca, dan Santri TPQ Khoirun Nisa’. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:22 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12036 |
Actions (login required)
View Item |