Anfa’u, Fafirru Nur (2024) Implementasi Metode Al-Furqoniyyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Tpq Ihyaul Furqon Desa Kebojongan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118304_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2118304_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2118304_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fafirru Nur Anfa’u. 2118304. 2024. “Implementasi Metode Al-Furqoniyyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri di TPQ Ihyaul Furqon Desa Kebojongan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dr Ahmad Ta‟rifin M. A. Kata kunci: Al-Qur’an, Metode Al-Furqoniyyah Metode Al-Furqoniyyah adalah metode untuk mengajarkan cara membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid. Metode ini berusaha menjawab masalah- masalah tentang bacaan Al-Qur‟an yang dirasa kurang pas, seperti bacaan tafkhim yang bibir tidak boleh ikut bergerak ketika berharakat fathah, huruf yang bertasydid tidak boleh digetakkan, begitupun dengan huruf sukun terutama huruf (lam) yang harus lunak atau tarqiq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur‟an, implementasi metode Al-Furqoniyyah, serta faktor pendukung dan penghambat metode Al-Furqoniyyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an santri di TPQ Ihyaul Furqon desa Kebojongan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri di TPQ TPQ Ihyaul Furqon desa Kebojongan memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Al- Furqoniyyah sudah baik. Ini ditunjukkan oleh peningkatan kemampuan tajwid saat membaca Al-Qur'an. Penguasaan makharijul hurufnya sudah baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi dalam membaca huruf dzal, ain, syin, shad dan dhod. Sifatul hurufnya juga dikuasai dengan baik; namun, pelafalan sifat huruf syin masih perlu ditingkatkan. Selain itu, tempo santri membaca menunjukkan penguasaan tartilnya yang cukup baik. Implementasi metode Al-Furqoniyyah di TPQ TPQ Ihyaul Furqon desa Kebojongan dilaksanakan pada hari Sabtu sampai Kamis pada jam 13.00-14.00 Wib, dengan alokasi waktu 60 menit dalam 1 jam pelajaran dengan empat langkah yaitu kegiatan pembuka, inti, penutup dan evaluasi. Faktor pendukung dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an di TPQ TPQ Ihyaul Furqon desa Kebojongan adalah kecerdasan, motivasi xv anak, guru, lingkungan keluarga, pergaulan serta sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambatnya adalah kesiapan anak, keberangkatan, lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Metode Al-Furqoniyyah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12039 |
Actions (login required)
View Item |