Analisis Strategi Komunikasi Dakwah Visual Animasi 2D pada Akun TikTok @taarts_tok

Pangestika, Niken Raman Danti (2024) Analisis Strategi Komunikasi Dakwah Visual Animasi 2D pada Akun TikTok @taarts_tok. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420109_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (518kB)
[img] Text
3420109_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN oke.pdf

Download (165kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pangestika, Niken Raman Danti, 2024. Analisis Strategi Komunikasi Dakwah Visual Animasi 2D pada Akun TikTok @taarts_tok. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Ahmad Hidayatullah M.Sos. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Visual, Media Komunikasi Visual Melalui kanal TikTok @taarts_tok berhasil memanfaatkan media sosial TikTok untuk menyebarkan pesan dakwah kepada audiens luas. Akun ini mengkombinasikan elemen visual, seperti ikon ustadz dalam tausyiahnya, karakter anime, warna cerah, dan komposisi visual yang menarik sehingga pesan dakwah menjadi mudah diterima oleh berbagai kalangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetaui strategi komunikasi dakwah visual pada akun TikTok @taarts_tok dalam berdakwah menggunakan animasi 2D. Adapun dasar dalam rumusan masalah dalam melakukan penelitian ini diantaranya: target komunikan, daya tarik, gaya pesan, elemen visual, dan pemilihan media. Serta peluang dan tantangan yang dihadapi akun TikTok @taarts_tok dalam berdakwah menggunakan animasi 2D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder dengan metode pengumpulannya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti mengacu pada teori analisis strategi komunikasi visual dengan fokus strategi media komunikasi visual pada buku “Komunikasi Visual” karya Andhita. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi dakwah visual animasi 2D pada akun TikTok sesuai dengan teori strategi media komunikasi dakwah pada buku “Komunikasi Visual” karya Andhita. Dari sisi peluang akun @taarts_tok memiliki jangkauan luas dan daya tarik visual yang tinggi. Selain itu, potensi viralisasi konten mempercepat penyebaran pesan dakwah. Namun tantangan, tetap ada, seperti keterbatasan ide dalam penyampaian pesan yang membuat konten bisa terasa mononton dan pengelolaan mandiri yang menghambat konsistensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrasetya, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Visual, Media Komunikasi Visual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:40
Last Modified: 24 Dec 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12097

Actions (login required)

View Item View Item