Karimah, Inayatul (2025) Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka dan Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun dalam Kurikulum Merdeka Di RA Muslimat NU Masyithoh 12 Dekoro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2420098_COVER BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2420098_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
2420098_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah tahap pendidikan dasar sejak anak usia 0-6 tahun, yang sangat penting untuk perkembangan anak. Pada anak usia 4-5 tahun, anak perlu dikenalkan dengan angka dan huruf sebagai dasar untuk membaca, menulis, dan berhitung. RA Muslimat NU Masyithoh 12 Dekoro menggunakan media loose parts untuk mengajarkan angka dan huruf sesuai Kurikulum Merdeka, guna mempersiapkan anak memasuki pendidikan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media loose parts untuk mengembangkan kemampuan mengenal angka dan huruf pada anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU Masyithoh 12 Dekoro dengan mengintegrasikan prinsip Kurikulum Merdeka. Selain itu, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat media loose parts dalam proses belajar mengenal angka dan huruf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Oleh karena itu, dalam analisis data penelitian menggunakan tiga langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan media pembelajaran terdiri dari tiga tahap antara lain perencanaan meliputi; pembuatan Jurnal Pembelajaran dan menyiapkan media loose parts yang akan digunakan. Pelaksanaan meliputi; kegiatan pembelajaran menggunakan loose parts yang terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Evaluasi meliputi; penilaian pembelajaran dengan menggunakan penilaian ceklis, serta refleksi guru dan peserta didik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat media loose parts dalam proses belajar mengenal angka dan huruf. Faktor pendukung meliputi: fasilitas yang disediakan sekolah memadai, ragam loose parts yang digunakan dapat menarik perhatian anak, antusias anak dalam pembelajaran yang menggunakan loose parts, kemampuan mengenal angka dan huruf pada anak semakin berkembang setelah pembelajaran menggunakan media loose parts berdasarkan pengamatan wali murid di rumah. Faktor penghambatnya meliputi: kurangnya fokus anak ketika pembelajaran, serta kurangnya perhatian dari sebagian keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Loose Parts, Media Pembelajaran, Pengenalan Angka dan Huruf, Kurikulum Merdeka | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher/Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:51 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12149 |
Actions (login required)
View Item |