Pengaruh etika bisnis islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang di Pasar Grogolan Baru Pekalongan.

Rahmatulah, Rais (2019) Pengaruh etika bisnis islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang di Pasar Grogolan Baru Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Islam sebagai agama yang banyak dianut oleh sebagian besar pedagang di pasar Grogolan Baru Pekalongan, memiliki sumber hukum berupa Al Qur’an dan sunnah Rasul. Di dalam kedua sumber hukum tersebut terdapat aturan mengenai tata cara bisnis yang beretika. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan aktivitas bisnis perlu dilandasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran islam. Namun di pasar Grogolan Baru Pekalongan masih terdapat pedagang yang berperilaku tidak etis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Diantara faktor yang mempengaruhi perilaku etis seseorang adalah faktor ibadah, dimana ibadah menunjukkan seberapa jauh religiusitas seseorang. Faktor lainnya yaitu interpretasi terhadap hukum. Bagaimana seseorang menginterpretasikan hukum islam dalam berbisnis menunjukkan seberapa jauh pengetahuannya mengenai etika bisnis islam. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara etika bisnis islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang sembako muslim di pasar Grogolan Baru Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 60 pedagang. Teknik pengambilan data menggunakan angket kuesioner, dan data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial etika bisnis islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang, dengan nilai thitung sebesar 2,078 dan nilai signifikansi sebesar 0,042 < 5%. Secara parsial religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang, dengan nilai thitung sebesar 3,322 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 5%. Sedangkan secara simultan etika bisnis islam dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 7,988 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,001. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel etika bisnis islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang adalah sebesar 19,2%, sedangkan sisanya 80,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuchsin, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Religiusitas, Perilaku Pedagang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 28 Apr 2020 05:45
Last Modified: 04 May 2020 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item