Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan

Miftahurrohman, Miftahurrohman (2025) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di SD Plus Al Burhan Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318063_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (378kB)
[img] Text
2318063_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter religius yang mencerminkan nilai-nilai moral dan spiritual akan menjadi fokus dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh. Karakter ini meliputi keimanan yang kuat kepada Allah SWT, cinta kepada Nabi Muhammad SAW, serta kedisiplinan dan bekerja sama dalam kelompok. Karakter ini menjadi nilai penting yang ditanamkan, baik dalam menjaga alat musik, menghafal syair, maupun menghadiri latihan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil SD Plus Al Burhan sebagai objek penelitian. Madrasah ini memiliki siswa yang banyak dengan kualitas yang unggul dalam prestasi akademik maupun non akademik, sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh di SD Plus Al Burhan, Nilai-nilai yang diinternalisasikan kepada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler hadroh di SD Plus Al Burhan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter religius di SD Plus Al Burhan. Penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari kepala sekolah, guru, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler hadroh dan data sekunder seperti referensi jurnal dan buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler hadroh dilaksanakan pada hari selasa pada pukul 11.00-12.00. Kegiatan ini tetap didampingi oleh Pembina hadroh dan diawali dengan pemberian motivasi untuk siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Karakter religius yang diinternalisasikan kepada siswa adalah kedisiplinan beribadah, cinta kepada Rasulullah melalui syair, tanggungjawab dan kerjasama dalam kelompok. Faktor pendukungnya adalah siswa yang sudah mempunyai dasar dalam bermain alat hadroh, guru yang selalu mendukung kegiatan ekstrakurikuler hadroh dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler lain dan kondisi fisik yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRif’iyati, DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Hadroh, Pembentukan Karakter, Karakter Religius.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:57
Last Modified: 17 Feb 2025 03:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item