Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas 1 Pada Proses Pembelajaran Di MI Miftahul Ulum Pesurungan Kidul Kota Tegal

Putri, Adinda Sukmawati (2025) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas 1 Pada Proses Pembelajaran Di MI Miftahul Ulum Pesurungan Kidul Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321016_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
2321016_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu aspek dari pendidikan yang berkualitas tinggi adalah kemampuan guru untuk berkreasi dalam rangka menghasilkan ide-ide baru untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengetahuan dan tingkah laku siswa. Karena banyak sekali siswa yang saat ini bosan dan jenuh dengan pengajaran yang itu-itu saja, menjadi seorang ahli pendidikan yang bertanggung jawab saat ini berarti mendorong kreativitas meskipun lingkungannya sering kali keras. Menjadi ahli pembelajaran yang bertanggung jawab pada masa sekarang berarti memimpin secara kreatif. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau unsure yang ada, berdasarkan data atau informasi yang tersedia, menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, dimana penekanannya adalah pada kualitas, ketepatgunaan dan keragaman jawaban, yang mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas 1 pada proses pembelajaran di MI Miftakhul Ulum Pesurungan Kidul Kota Tegal dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas 1 pada proses pembelajaran di MI Miftakhul Ulum Pesurungan Kidul Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (file research), dengan pendektan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I, siswa kelas 1 atau sumber data sekunder lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data diambil dari triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi teknik dan 3) Triangulasi waktu. Oleh karena itu, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Menggunaka metode yang bervariasi dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi maksimal, menilai kreativitas dan memberikan motivasi kepada siswa. (2) Hal-hal pendukung kreativitas siswa yaitu media pembelajaran yang nyata, adanya media pembelajaran menuntun siswa untuk lebih berkreasi dan lebih kreatif dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga dapat meningkatkan kreativitas siswa sedangkan hal-hal penghambat kreativitas siswa yaitu siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran, karena ramai sendiri saat pembelajaran berlangsung, waktu juga menghambat kreativitas siswa, karena belum semua materi yang diajarkan tersampaikan oleh siswa tetapi jam pelajarannya sudah habis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, Mohamad YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Kreativitas siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:41
Last Modified: 26 Feb 2025 04:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item