Rusydiyanti, Fadia (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Mandiri Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pkn Kelas Iv Di Mis 19 Kebulen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321002_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2321002_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2321002_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam dunia pendidikan, khususnya dalam membentuk generasi yang memiliki sikap disiplin dan mandiri.. Namun, dalam implementasinya, masih terdapat berbagai tantangan yang dihadapi di sekolah, termasuk di MIS 19 Kebulen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri berbasis Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PKn kelas IV di MIS 19 Kebulen. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri berbasis kurikulum merdeka pembelajaran PKn pada pembelajaran PKn di kelas IV? (2) Apa saja hambatan dan solusi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dan mandiri berbasis kurikulum merdeka pembelajaran PKn pada pembelajaran PKn di kelas IV?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas IV dan peserta didik di MIS 19 Kebulen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kurikulum, sementara pelaksanaan dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran dan aktivitas spontan di dalam kelas,dan menggunakan evaluasi sumatif, formatif dan autentik, Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan sarana dan prasarana,sikap yang belum terbentuk ,kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua,perbedaan karakter dan latar belakang siswa,serta pengaruh teknologi dan media sosial terhadap perilaku siswa. Sementara solusinya guru mengusulkan sumber daya yang di butuhkan kepada pihak sekolah dan mengusahakan metode pembelajaran yang kreatif, guru memberikan contoh yang baik dan melakukan penguatan positif untuk memperkuat perilaku yang di inginkan, guru mengadakan pertemuan dengan orang tua, guru menggunakan pendekatan personal terhadap kebutuhan siswa, guru perlu lebih proaktif dalam mendidik siswa di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Disiplin, Mandiri, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PKn. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:33 | ||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |