Nurhaliza, Diana Putri (2025) Obstacles In Learning Speaking Skill Through English Online Community. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521055_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2521055_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2521055_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penguasaan keterampilan berbicara sangat penting di era globalisasi saat ini, dengan komunitas berbicara bahasa Inggris daring yang menawarkan platform fleksibel untuk berlatih. Namun, platform ini juga menghadirkan tantangan yang signifikan. Penelitian ini menyelidiki hambatan yang dihadapi pembelajar dalam mengembangkan keterampilan berbicara di komunitas daring serta mengusulkan strategi untuk mengatasinya, dengan menggunakan teori keterampilan berbicara dari Harmer (2007). Hambatan utama yang ditemukan meliputi kecemasan, keterbatasan kesempatan berlatih, kesulitan dalam pengucapan, kendala teknis, dan kurangnya umpan balik. Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif dengan tiga partisipan berusia 17–25 tahun yang aktif dalam kegiatan berbicara daring. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan analisis tematik Braun dan Clarke. Temuan menunjukkan bahwa meskipun telah diterapkan praktik seperti panggilan kelompok terstruktur dan diskusi topik, berbagai masalah tetap berlanjut. Tantangan seperti kecemasan, kurangnya kesempatan berbicara, serta keterbatasan dalam pengucapan dan kosakata semakin diperburuk oleh kendala teknis dan minimnya umpan balik yang dapat ditindaklanjuti. Meskipun praktik dalam komunitas ini sejalan dengan beberapa prinsip pembelajaran bahasa yang efektif, seperti struktur tugas dan persiapan topik, praktik tersebut sering kali gagal memenuhi kebutuhan beragam para pembelajar. Studi ini merekomendasikan sesi kelompok yang lebih kecil, latihan pengucapan yang lebih terarah, serta mekanisme umpan balik yang lebih kuat untuk meningkatkan kelancaran berbicara. Strategi ini bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih suportif dan inklusif, memungkinkan pembelajar untuk mengatasi hambatan secara efektif dan meningkatkan keterampilan berbicara mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Berbicara, komunitas daring, pembelajaran, hambatan | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 400 Terminology, Bilingualism (Terminologi, Bilingual) > 400 Language/Ilmu Bahasa, Kebahasaan 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 07:39 | ||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 07:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |