Aftina, Mila (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Al-Adawātu Al-Madrasiyyatu Kelas 7 MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2220090_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
2220090_Full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
19. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi adanya perkembangan teknologi di masa sekarang semakin canggih yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran. Selain itu ditemukan kendala yang dialami guru dan siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Pada proses pembelajaran guru masih menggunakan cara konvensional dan jarang menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi sehingga siswa mudah bosan serta kurang memperhatikan dalam pembelajaran bahasa Arab. Maka dari itu, perlu adanya inovasi baru tentang media pembelajaran yang berbasis teknologi untuk proses pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi android menggunakan ispring suite pada materi al-adawātu al-madrasiyyatu Kelas 7 MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi android menggnakan ispring suite pada materi al-adawātu al-madrasiyyatu kelas 7 MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang dan bagaimana kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi android menggnakan ispring suite pada materi al-adawātu al-madrasiyyatu kelas 7 MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Adapun untuk tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangkan dan kelayakan media pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi android menggunakan ispring suite pada materi al-adawātu al-madrasiyyatu kelas 7 MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan teori pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Terdapat tiga macam angket yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon siswa. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran bahasa Arab berbasis aplikasi android untuk materi al-adawātu al-madrasiyyatu kelas 7 menggunakan ispring suite. Hasil uji kelayakan oleh ahli media yaitu 78,67% dengan kategori layak dan mendapat beberapa masukan revisi. Kemudian hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 96,92% dengan kategori sangat layak. Adapun respon siswa setelah dilakukan uji coba mendapat presentase sebesar 75,10% dengan kategori layak. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android ini layak untuk digunakan pada pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Aplikasi Android | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:04 | ||||||||
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |