Siskawati, Eny (2024) Pengaruh Keragaman Produk, WOM (Word Of Mouth), Lokasi Usaha dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Toko Retail (Studi Kasus: NU Mart Gapuro Warungasem Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4121069_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4121069_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4121069_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
ENY SISKAWATI. Pengaruh Keragaman Produk, WOM (Word Of Mouth), Lokasi Usaha dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Toko Retail (Studi Kasus: NU Mart Gapuro Warungasem Batang) Pertumbuhan dalam bisnis yang semakin pesat seperti perkembangan teknologi yang berkelanjutan, perubahan dalam perilaku konsumen, serta fluktuasi dinamika ekonomi semakin memengaruhi cara operasional dan inovasi perusahaan retail. Usahawan dituntut agar bisa memiliki cara yang kreatif dan inovatif ditengah persaingan pasar modern saat ini. Pelaku usaha, terutama dalam bisnis retail, dituntut untuk lebih inovatif, cermat, dan efisien dalam menyajikan serta menyediakan produk untuk menarik minat konsumen. NU Mart atau NUsantara Mart, yang merupakan salah satu program lembaga swadaya masyarakat yang istiqamah kepada pemberdayaan UMKM dan peduli terhadap ekonomi Islam serta memiliki akses informasi yang luas, ini merupakan program dari Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU). NU Mart perlu meningkatkan loyalitas pelanggannya agar dapat bersaing dengan minimarket - minimarket lainnya yang lebih besar. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, NU Mart perlu memiliki keunggulan dibandingkan toko-toko pesaing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, Word Of Mouth, lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa keragaman produk dan lokasi usaha secara parsial tidak berpengaruh pada loyalitas pelanggan NU Mart Gapuro, kemudian Word Of Mouth (WOM) dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan secara simultan, keragaman produk, Word Of Mouth, kualitas pelayanan dan lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan NU Mart Gapuro. Kata Kunci: Keragaman Produk, Word Of Mouth, Lokasi Usaha, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keragaman Produk, Word Of Mouth, Lokasi Usaha, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:34 | ||||||||
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |