Konten Kreator YouTube Pada CHANNEL LN dan CK Sebagai Ladang Rezeki Di Era Generasi Z Di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam

Dewi, Dyah Syahira Tara (2024) Konten Kreator YouTube Pada CHANNEL LN dan CK Sebagai Ladang Rezeki Di Era Generasi Z Di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121011_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (814kB)
[img] Text
4121011_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4121011_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

DYAH SYAHIRA TARA DEWI: Konten Kreator YouTube Pada Channel LN dan CK Channel Sebagai Ladang Rezeki Di Era Generasi Z Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu jenis transaksi yang paling disukai oleh masyarakat adalah bisnis. Akibatnya banyak generasi z sekarang mulai berbisnis online salah satunya menjadi konten kreator YouTube yang sekarang jadi ladang rezeki di generasi z. Namun banyak generasi z menjadi konten kreator ini belum memperhatikan etika bisnis islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana generasi z menjadi konten kreator YouTube yang sesuai dengan etika bisnis islam. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data Data primer untuk Sumber diperoleh menggunakan teknik sampling. Purposive sampling adalah metode untuk memilih sampel data yang sesuai dengan tujuan khusus atau target yang ditentukan dan Sumber data sekunder juga merupakan data diberikan kepada orang yang mengumpulkannya secara tidak langsung, seperti melalui orang lain atau dokumen. Terdapat tiga variabel ladang rezeki dan generasi z sebagai variabel independen dan etika bisnis islam sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa generasi z di kabupaten Pemalang lebih tertarik menjadi konten kreator salah satunya konten kreator pada platfrom YouTube yang menjadi profesi utama dan hasil perbandingan antara Channel LN dan CK menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam dalam pembuatan konten YouTube sangat berpengaruh pada jenis konten yang dihasilkan dan pesan yang disampaikan. LN, yang lebih mengejar popularitas instan, menghasilkan konten yang kurang bernilai, sementara CK, dengan fokus pada edukasi dan nilai-nilai positif, mencerminkan penerapan prinsip-prinsip Islam dalam bisnis konten.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, SinggihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konten Kreator, YouTube, Generasi Z, Dari Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:37
Last Modified: 03 Mar 2025 06:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12243

Actions (login required)

View Item View Item