Forecasting Pada Jumlah Siswa Baru di MTs Syarif Hidayah Doro Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) Periode 1995-2024.

Safitri, Lutfiana Dwi (2025) Forecasting Pada Jumlah Siswa Baru di MTs Syarif Hidayah Doro Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) Periode 1995-2024. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620003_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
2620003_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Syarif Hidayah Doro adalah salah satu lembaga Pendidikan yang berdiri sejak tahun 1985 dan telah terakreditasi A, yang memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki akhlak dan keterampilan yang baik. Namun, fluktuasi jumlah siswa baru dari tahun ke tahun sering kali menyulitkan pihak manajemen dalam membuat perencanaan yang akurat. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang dapat meramalkan (forecasting) jumlah siswa baru secara tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana trend jumlah siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro berdasarkan data 1995- 2024?, Apakah model Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) adalah model terbaik yang dapat digunakan dalam peramalan jumlah Siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 2025-2029?, Bagaimana hasil peramalan jumlah siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 2025-2029?. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tren Jumlah Siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro berdasarkan data 1995-2024, mengidentifikasi model terbaik peramalan Jumlah Siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 2025-2029, meramalkan Jumlah Siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 2025-2029. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis prediksi (forecasting). Populasi penelitian ini adalah jumlah siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 1985-2024 (40 series) sedangkan sampel datanya adalah jumlah siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 1995-2024(30 series). Teknik pengambilan sampel data menggunakan Teknik Purposive Sampling, menggunakan data sekunder jumlah siswa baru dari bagian Tata Usaha MTs Syarif Hidayah Doro. Analisis data yang digunakan adalah analisis deret waktu, kestasioneran data, identifikasi model sementara Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA), kriteria uji ketepatan peramalan. Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi tren positif dan negative. Dengan model terbaik yang diperoleh yaitu Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) (2, 3, 2) dengan nilai Mean Error (ME) -0,8725, Root Mean Square Error (RMSE) 11,6824, Mean Absolute Error (MAE) 8,89455, Mean Percentage Error (MPE) -0,5823, dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) 6,56826. Berdasarkan model tersebut diperoleh peramalan jumlah siswa baru di MTs Syarif Hidayah Doro pada tahun 2025-2029. Jumlah siswa baru untuk hasil peramalan yaitu pada tahun 2029 sebanyak 302 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peramalan (Forecasting), Siswa Baru, ARIMA
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:51
Last Modified: 05 Mar 2025 01:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item