Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang

Fitriyana, Dini (2024) Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318098_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (966kB)
[img] Text
2318098_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2318098_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa memiliki gaya belajar yang beragam, mulai dari visual, auditori, hingga kinestetik, yang memengaruhi cara mereka memahami informasi. Namun, pendekatan tradisional sering kali tidak mampu mengakomodasi kebutuhan ini, menyebabkan beberapa siswa tertinggal dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, pendekatan berdiferensiasi dapat digunakan, di mana guru menyesuaikan metode pengajaran berdasarkan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa, sehingga tercipta pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pemetaan kebutuhan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang? dan 2) Bagaimana implementasi pendekatan berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendekatan berdiferensiasi dan menganalisis pemetaan kebutuhan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan guru dan semua siswa, serta observasi di kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait pendekatan berdiferensiasi. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemetaan kebutuhan belajar siswa mengungkap mayoritas siswa siap belajar, memiliki pemahaman dan kepercayaan diri yang baik, serta menunjukkan minat tinggi terhadap materi IPAS yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, dengan preferensi suasana belajar interaktif dan metode seperti visual, auditori, dan kinestik, dan 2) Implementasi pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPAS kelas IV MI Asy Syairiyah Kabupaten Batang berhasil mengakomodasi keragaman gaya belajar siswa melalui diferensiasi konten (perencanaan) yang menggunakan multimodalitas seperti video, eksperimen, dan gambar, proses (pelaksanaan) yang melibatkan kegiatan berjenjang, metode bervariasi, dan bantuan tugas, serta produk (evaluasi) yang meningkatkan hasil pembelajaran yang mencerminkan pemahaman siswa, menciptakan pembelajaran inklusif dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShilla, Rhischa AssabetUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Berdiferensiasi, Pembelajaran IPAS, Keberagaman Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:05
Last Modified: 05 Mar 2025 06:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12252

Actions (login required)

View Item View Item