Syah, Wahyu Firman (2024) Pengembangan Pedoman Penilaian Unjuk Kerja Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Tema Hidup Berkelanjutan Di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50322030_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
50322030_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
50322030_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian autentik yang berorientasi pemahaman pembelajaran yang dilakukan peserta didik sebelumnya pada semua aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Penilaian unjuk kerja pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) berbasis projek yang memiliki banyak elemen kompetensi yang dikembangkan. Akibatnya, sulit untuk menjadi pertimbangan dalam menyusun penilaian yang memenuhi standar validitas, kredibilitas, realiabilitas dan kepraktisannya. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan pedoman penilaian unjuk kerja pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Tema Hidup Berkelanjutan di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana kelayakan pedoman penilaian unjuk kerja pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Tema Hidup Berkelanjutan di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan? (3) Bagaimana kepraktisan pedoman penilaian unjuk kerja pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Tema Hidup Berkelanjutan di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan, serta menguji kepraktisan pedoman penilaian unjuk kerja pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Tema Hidup Berkelanjutan di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah model pengembangan yang mengambil dari konsep penelitian Research and Development menurut Borg and Gall. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Pengembangan pedoman penilaian unjuk kerja pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Tema Hidup Berkelanjutan di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan melalui angket kebutuhan dan wawancara menunjukkan harapan besar guru dan kesedian siswa akan pentingnya pedoman penilaian unjuk kerja pada P5PPRA. (2) Kelayakan pedoman penilaian unjuk kerja pada P5PPRA Tema Hidup Berkelanjutan ini telah divalidasi oleh ahli. Secara keseluruhan, rata-rata skor validasi ahli penilaian adalah 3,60 (90,00%), ahli materi mencapai 3,38% (84,38%), ahli bahasa yakni 3,57 (89,29%), yang menunjukkan bahwa produk penilaian ini memperoleh penilaian positif. (3) Kepraktisan pedoman penilaian unjuk kerja pada P5PPRA menunjukkan angka sebesar 91,03%, yang mana menggambarkan bahwa pedoman penilaian unjuk kerja memiliki manfaat secara luas pada proses penilaian P5PPRA.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pedoman Penilaian, Penilaian Unjuk Kerja, P5PPRA | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 05:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2025 05:40 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |