Trismurjani, Eltri. (2025) Efektivitas Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis dan Self Efficacy di Kelas X SMA N 1 Doro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2620027_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
2620027_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Hasil refleksi guru matematika, terungkap bahwa siswa sering kali pasif dalam pembelajaran, terutama saat diminta menyelesaikan soal di depan kelas. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat kepercayaan diri (self-efficacy) siswa dalam kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah matematika. Melalui analisis hasil ujian harian di kelas X SMA N 1 Doro, diperoleh data bahwa sebagian besar siswa belum mampu menyelesaikan soal-soal yang memerlukan pemahaman mendalam dan kemampuan berpikir matematis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana efektivitas model quantum learning terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik?, bagaimana efektivitas model quantum learning terhadap self efficacy peserta didik?, bagaimana efektivitas model quantum learning terhadap kemampuan berpikir matematis dan self efficacy peserta didik?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model quantum learning terhadap kemampuan berpikir matematis peserta didik, untuk menganalisis efektivitas model quantum learning terhadap self efficacy peserta didik, untuk menganalisis efektivitas model quantum learning terhadap kemampuan berpikir matematis dan self efficacy peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Dengan pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Analisis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji multivariat (MANOVA). Hasil test between subects Effect dan tabel partial eta squared menjujukkan nilai sig sebesar 0,000<0,005 dan F-statistik sebesar 160,346 maka penggunaaan model quantum learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis peserta didik. Kemudian pada kolom self-efficacy tabel tersebut nilai sig sebesar 0,000<0,005 dan F-statistik sebesar 60,529 maka penggunaaan model quantum learning terbukti efektif dalam meningkatkan self efficacy peserta didik. berdasarkan uji analisis MANOVA signifikan, dengan nilai p-value (Sig.) untuk semua tes (pillar’s trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, dan Roy’s Largest Root) sebesar 0,000, karena p-value lebih kecil daripada alpha (0,05). Hal ini menunjukkan penggunaaan model quantum learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Berpikir Matematis, Self Efficacy. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2025 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 10 Mar 2025 02:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |