Penerapan Media Loose Parts Melalui Pendekatan Saintifik Guna Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Wahid Hasyim Wiroditan

Ulya, Mufadilatul (2025) Penerapan Media Loose Parts Melalui Pendekatan Saintifik Guna Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Wahid Hasyim Wiroditan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420079_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2420079_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
2420079_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak di TK Wahid Hasyim Wiroditan yang rendah hal itu diketahui dari observasi awal yang dilakukan yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga membuat anak cepat bosan. Penerapan media loose parts efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan media loose parts melalui pendekatan saintifik di TK Wahid Hasyim Wiroditan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak berusia 5-6 tahun yang berjumlah 19 anak di TK Wahid Hasyim Wiroditan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media loose parts melalui pendekatan saintifik guna meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Wahid Hasyim Wiroditan yang berjumlah 19 anak dengan kemampuan kognitif yang meningkat di setiap siklusnya, baik dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Kondisi awal atau pra siklus diperoleh data bahwa perkembangan kognitif anak pada indikator masih belum maksimal atau belum mencapai indikator penilaian Berkembang Sangat Baik (BSB) antara 76%-100%. Pada siklus I penerapan media loose parts melalui pendekatan saintifik guna meningkatkan perkembangan kognitif anak belum berhasil hal ini terbukti pada hasil penelitian yang dilakukan pada pertemuan kedua yaitu terdapat 3 anak atau 15,7% dengan indikator BSB (Berkembang Sangat Baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Hasil dari penerapan media loose parts melalui pendekatan saintifik sudah memenuhi indikator pencapaian perkembangan kognitif BSB (Berkembang Sangat Baik) dan hal ini membuktikan bahwa penerapan media loose parts melalui pendekatan saintifik dapat dikatakan sangat efektif dan berhasil meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Loose Parts, Saintifik, Perkembangan Kognitif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:11
Last Modified: 10 Mar 2025 07:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item