Implementasi Program Market Day Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Rifa’iyah Bojong Minggir

Amalia, Fika (2024) Implementasi Program Market Day Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Rifa’iyah Bojong Minggir. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321109_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321109_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321109_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Program Market Day merupakan sarana pembelajaran literasi keuangan bagi peserta didik, sarana untuk mengajarkan pentingnya rencana jangka menengah (menabung), serta sarana untuk belajar berderma sejak usia sekolah dasar. Program Market Day dapat diimplementasikan kedalam bentuk pembelajaran yang diintegrasikan kedalam pembelajaran matematika. Selain itu program Market Day juga diimplementasikan dalam bentuk praktek berjualan secara langsung yang dilakukan di lingkungan sekolah, dengan adanya program Market Day dapat menunjang peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran matematika khususnya pada materi bilangan cacah. Adapun untuk permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bahwa ada salah satu siswa di kelas V yang belum bisa membaca, menulis bilangan cacah sampai 100.000 dan menentukan nilai tempatnya, maka dari itu penulis meneliti bagaimanakah implementasi program Market Day dalam menunjang pembelajaran matematika siswa kelas V MI Rifa’iyah Bojong Minggir, serta faktor pendukung dan faktor penghambat program Market Day dalam menunjang pembelajaran matematika siswa kelas V MI Rifa’iyah Bojong Minggir. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelittian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya mealalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan interaktif Milles dan Hubberman melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Market Day dalam menunjang pembelajaran matematika siswa kelas V MI Rifa’iyah Bojong Minggir sudah berjalan efektif dalam menunjang proses pembelajaran matematika, namun ada salah satu siswa di kelas V yang belum bisa dalam hal membaca, menulis bilangan cacah sampai 100.000 dan menentukan nilai tempatnya. Adapun untuk implementasi program Market Day dalam menunjang pembelajaran matematika siswa kelas V MI Rifa’iyah Bojong Minggir, bahwa program Market Day dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai pukul 10.00 setiap 1 bulan sekali pada hari kamis. Untuk media yang digunakan berupa meja kursi, alat-alat tulis dan koin. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program Market Day adalah adanya faktor eksternal dan internal yang juga dirasakan baik peserta didik maupun kepala sekolah dan mentor

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program, Market Day, Kelas V, Pembelajaran Matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:53
Last Modified: 11 Mar 2025 06:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12299

Actions (login required)

View Item View Item