Farah, Shofarina Alfa (2025) Efektivitas Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Btq Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Iii Di Sd Islam Baitussalam 01 Pesindon Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2320106_Cover_bab I & Bab V.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2320106_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2320106_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar yang rendah merupakan salah satu masalah yang terjadi saat ini. Penggunaan media pembelajaran interaktif masih jarang digunakan. Dalam proses pembelajaran, media berfungsi sebagai sumber informasi. Pada kelas III di SD Islam Baitussalam, hasil belajar masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang masih banyak menggunakan metode ceramah daripada media pembelajaran interaktif. Adapun rumusan masalah yaitu seberapa besar pengaruh dan apakah ada keefektivitasan penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar BTQ siswa kelas III SD Islam Baitussalam Pesindon Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan keefektifan media video animasi terhadap hasil belajar BTQ siswa kelas III SD Islam Baitussalam Pesindon Pekalongan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan One Group Pre-Test – Post-Test. Teknik Sampling Jenuh digunakan untuk memilih sampel. Untuk mengumpulkan data tes dan dokumentasi digunakan. Uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, dan uji N-Gain adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil menunjukkkan bahwa data pretest-posttest terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Sig. 0,000 < 0,5. H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil presentase 61,16% dan termasuk dalam kategori cukup efektif, menurut analisis N-Gain. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas III dapat dinyatakan cukup efektif dengan menggunakan media video animasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Video Animasi, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:18 | ||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |