Perilaku Pedagang daging dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Pasar Pagi Kota Tegal.

Patrioko, Dwi Bagus (2019) Perilaku Pedagang daging dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Pasar Pagi Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pasar mendapatkan kedudukan yang penting dalam perekonomian Islam. Rasulullah SAW sangat mementingkan etika dalam jual beli. Oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti, kejujuran, amanah, keadilan, nasihat menasihati, tidak ada unsur penipuan dan barang yang dijual harus Halal dalam hal zat dan cara memperolehnya merupakan tanggung jawab bagi setiap pelaku pasar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Pasar Pagi Kota Tegal sebagai obyek penelitian. Alasanya adalah pasar pagi Kota Tegal merupakan pasar tradisional yang ada di Kota Tegal dan pasar tradisional adalah tempat yang rentan akan penyimpangan-penyimpangan, seperti menjual makanan yang sudah kadaluarsa dan pihak pengelola mengetahui namun tidak ada tindakan apapun. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah Perilaku pedagang daging dalam transaksi jual belinya sudah menerapkan apa belum berdagang secara Etika Bisnis Islam di pasar Pagi Kota Tegal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan perilaku pedagang daging etika jual beli di pasar pagi Kota Tegal dalam perspektif ekonomi Islam. Oleh karena itu peneliti melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Peneliti melakukan pengecekan ulang terhadap data yang diperoleh dan menggunakan teknik triangulasi, dengan tujuan untuk mendapatkan kevalidan data. Setelah itu, menganalisisnya melalui reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Perilaku Pedagang daging di pasar pagi Kota Tegal telah berjalan secara efektif dan sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Itu terlihat dari jawaban informan pedagang daging pada saat diwawancara, respon para informan pembeli atas wawancara yang diajukan peneliti dan data-data yang peneliti dapatkan. Dalam melaksanakan transaksi jual beli, mereka menggunakan aturan yang dianjurkan oleh Nabi kita Rasulullah SAW yang meliputi : Penampilan dagang Rasulullah adalah tidak membohongi pelanggan, baik menyangkut besaran (kuantitas) maupun kualitas, Pelayanan yang tidak sanggup membayar kontan hendaknya diberi tempo untuk melunasinya, Menjauhi sumpah yang berlebihan dalam menjual suatu barang, Pemasaran yang sempurna hanya Kesepekatan bersama, dengan suatu usulan dan penerimaan, transaksi akan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 28 Apr 2020 05:48
Last Modified: 04 May 2020 04:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item