Sinta Lestari, Sinta (2025) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321005_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2321005_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2321005_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Lestari, Sinta, 2025. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Dr. Hj. Sopiah, M.Ag Kata kunci : Upaya Guru. Kesulitan Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas V di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan yang mengalami kesulitan belajar matematika. Kesulitan yang terjadi pada mayoritas siswa di kelas V ini adalah kesulitan dalam memahami konsep dasar materi, kesalahan pada proses pengerjaan soal, dan tingkat pemahaman operasi hitung yang masih rendah. Apabila kesulitan ini tidak tertangani dengan baik dan benar, maka tidak akan tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Maka dari itu, guru perlu melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kesulitan belajar yang terjadi pada siswa dan mampu merancang pembelajaran yang inovatif. Hal ini yang akan membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran tanpa adanya rasa paksaan, ketakutan, bahkan kecemasan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan?, dan 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan bvelajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah kajen pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika yang terjadi pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan dan mendeskripsikan tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Adapun sumber data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, jurnal, buku, dan dokumentasi terkait pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika siswa kelas V meliputi kesulitan memahami konsep dasar matematika, kesulitan mengoperasikan bilangan, dan siswa kurang antusias dengan matematika. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas V diantaranya yaitu menerapkan metode mencongak, melakukan differensiasi pembelajaran, mengimplementasikan pendekatan kolaboratif serta memberikan motivasi dan dukungan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru. Kesulitan Belajar Matematika | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 07:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |