Penggunaan finger painting dalam pengembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Lestari Kasepuhan Batang

Agustina, Alisa (2025) Penggunaan finger painting dalam pengembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Lestari Kasepuhan Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420051_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (878kB)
[img] Text
2420051_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2420051_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan motorik halus anak adalah salah satu kemampuan yang harus distimulasi sejak dini untuk mempersiapkan kemandirian anak dalam bersosial dengan lingkungan sekitarnya. Anak kurang berimajinasi adalah salah satu permasalahan dalam motorik halus. Adanya media pembelajaran dalam pengembangan motorik halus akan membantu menstimulasi kemampuan motorik halus anak dengan baik. Salah satu kelebihan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kemampuan motorik halus anak adalah dengan menggunakan kegiatan finger painting. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan finger painting dalam pengembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Lestari Kasepuhan Batang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan finger painting di TK Lestari Kasepuhan Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mnengetahui bagaimana penggunaan finger painting dalam pengembangan motorik halus anak usia dini di TK Lestari Kasepuhan Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TK Lestari Kasepuhan Batang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru walikelas B dan didukung dengan informan kepala sekolah TK Lestari Kasepuhan Batang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember 2024 sampai dengan bulan januari 2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan penyajian data, kodensasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa TK Lestari Kasepuhan Batang telah menggunakan media finger painting dalam pengembangan motorik halus anak. Penggunaan finger painting dapat menstimulasi pengembangan motorik halus, serta meningkatkan partisipasi dan minat belajar mereka. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya kreatifitas dalam proses pendidikan anak usia dini dan memberikan dasar bagi pengembangan metode pendidikan yang lebih inovatif di masa depan. Namun terdapat faktor baik dari faktor pendukung dan faktor penghambat di TK Lestari Kasepuhan Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Finger pinting, motorik halus, anak usia dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:26
Last Modified: 14 Oct 2025 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12411

Actions (login required)

View Item View Item