Nafi’aini, Nur Laily (2025) Pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mim Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318208_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2318208_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2318208_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam bidang pendidikan, komunikasi adalah faktor penting untuk keberhasilan proses pembelajaran. Komunikasi guru menjadi salah satu faktor pemahaman siswa terhadap materi-materi belajar yang diajarkan. Keberhasilan belajar didukung oleh motivasi belajar siswa yang baik. Salah satu faktor yang mampu menambah motivasi belajar siswa yaitu komunikasi guru yang baik. Namun, selama pembelajaran ada beberapa perilaku siswa yang menunjukkan motivasi belajar yang kurang baik. Ada yang malas mendengarkan guru, sibuk bermain sendiri, tidak bersemangat belajar dan lain sebagainya. Karena hal-hal seperti inilah, timbul pertanyaan apakah komunikasi guru memiliki pengaruh tersendiri terhadap motivasi belajar siswa di sekolah. Karena inilah penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan di MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru, motivasi belajar, serta pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa di MIM Delegtukang. Jika ada pengaruh diantara keduanya, maka seberapa besar pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa di MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Sampelnya adalah 62 siswa kelas V dan VI MIM Delegtukang. Adapun untuk analisis datanya melalui beberapa tahapan yaitu : uji pendahuluan (Uji Validitas dan Uji Reabilitas), uji prasyarat hipotesis (Uji Normalitas dan Uji Linieritas), dan analisis uji hipotesis (Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS Services). vii Berdasarkan hasil observasi awal, komunikasi yang diberikan guru selama proses pembelajaran cukup baik. Guru memberikan cukup banyak kalimat positif terhadap siswa. Beberapa siswa juga terlihat cukup aktif selama proses pembelajaran dan beberapa siswa yang lain dengan seksama memperhatikan. Selama proses pembelajaran, saat guru memberikan nasehat/pujian, terlihat efek yang cukup jelas terjadi pada suasana hati siswa yang nantinya juga berpengaruh terhadap motivasi belajarnya hari itu. Saat guru bersikap terbuka dan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, beberapa siswa mau bertanya. Hal ini sedikit memberikan gambaran bahwa komunikasi guru yang baik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari penelitian ini, diperoleh beberapa hasil diantaranya: Pertama, komunikasi guru dan siswa MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan (variabel bebas X) masuk dalam kategori lebih baik dengan nilai rata-rata (mean) 68,62, berada dalam interval kelas 68-72 pada frekuensi relatif 20%. Kedua, Motivasi belajar siswa MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan (variabel terikat Y) masuk dalam kategori cukup baik, dengan nilai rata-rata (mean) 67,45 yang berada dalam interval kelas 64-67 pada frekuensi relatif 20%. Ketiga, ada pengaruh antara komunikasi guru dan motivasi belajar siswa di MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t tes = 5,026239 dan t viii tabel pada tabel distirbusi t dengan tingkat signifikansi 5%, nilai t tabel = 2,00030. Maka, nilai t tes = 5,026239 > t tabel = 2,00030. Maka, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara komunikasi guru dan motivasi belajar siswa di MIM Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:26 | ||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |