Implementasi Program Parenting Dalam Menguatkan Dukungan Sosial Orang Tua Melalui Pola Asuh Demokratis Di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni

Nahdziyah, Nur (2025) Implementasi Program Parenting Dalam Menguatkan Dukungan Sosial Orang Tua Melalui Pola Asuh Demokratis Di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321113_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321113_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321113_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Parenting merupakan proses mengasuh atau pengasuhan. Parenting adalah suatu upaya pendidikan yang dilakukan oleh orang tua keluarga, yang meliputi aktivitas-aktivitas seperti memberi makan atau asupan nutrisi yang diberikan kepada anak, memberi petunjuk (guilding) dan melindungi (protecting) sebagai usaha untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Fakta dilapangan menunjukan rendahnya partisipasi orang tua dalam mendukung pendidikan anak, dalam hal ini MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni menerapkan program parenting melalui pola asuh demokratis yang bertujuan untuk menguatkan dukungan sosial orangtua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi program parenting dalam menguatkan dukungan sosial orang tua melalui pola asuh demokratis? 2) Apa Saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program parenting dalam menguatkan dukungan sosial orang tua melalui pola asuh demokratis? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan implementasi program parenting dalam menguatkan dukungan sosial orang tua melalui pola asuh demokratis 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi program parenting dalam menguatkan dukungan sosial orang tua melalui pola asuh demokratis. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancaradengan kepala sekolah, guru, orangtua dan siswa, serta observasi di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait program parenting. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Parenting dalam Menguatkan Dukungan Sosial Orangtua Melalui Pola Asuh Demokratis di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni mncakup perencanaan, pelaksanaan, dan eveluasi program. Pada tahap perencanaan program ditentukan waktu pelaksanaanya terlebih dahulu, Pada tahap pelaksanaan parenting sudah yang sebagian besar sesuai dengan perencanaan, baik dari materi, narasumber, dan jadwal pelaksanaanya semua mengarah pada upaya menguatkan dukungan sosial orangtua. Dan pada tahap evaluasi program yang didapatkan setelah kegiatan menunjukan adanya perubahan tempat pelaksanaanya. Adapun faktor pendukung implementasi program parenting dalam menguatkan dukungan sosial orang tua melalui pola asuh demokratis diantaranya: Kerjasama yang baik antara orangtua dan pihak sekolah dan Komitmen sekolah sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas karena orangtua memiliki kesibukkan sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Parenting, Dukungan Sosial, Pola Asuh Demokratis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:17
Last Modified: 21 Mar 2025 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item