Pengaruh Penerapan Pembelajaran P5ra Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap Sikap Kemandirian Siswa Kelas IV Di Mis NU Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan

Afriyah, Niza (2025) Pengaruh Penerapan Pembelajaran P5ra Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap Sikap Kemandirian Siswa Kelas IV Di Mis NU Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321057_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321057_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321057_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sikap kemandirian merupakan aspek penting yang harus ditanamkan sejak dini agar siswa tidak bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas. Namun, observasi awal di MIS NU Al-Utsmani Kajen menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas IV masih memiliki tingkat kemandirian yang rendah, seperti tidak membawa perlengkapan belajar sendiri, menyontek, dan mengandalkan bantuan teman atau orang tua. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan P5RA tema gaya hidup berkelanjutan sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan membentuk karakter mandiri melalui pengalaman belajar yang lebih kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adakah pengaruh penerapan pembelajaran P5RA tema gaya hidup berkelanjutan terhadap sikap kemandirian siswa kelas IV di MIS NU Al-Utsmani Kajen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adakah pengaruh penerapan pembelajaran P5RA tema gaya hidup berkelanjutan terhadap sikap kemandirian siswa kelas IV di MIS NU Al-Utsmani Kajen. Beberapa studi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat membantu siswa memahami konsep secara lebih nyata dan menumbuhkan kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Metode ini digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel pembelajaran P5RA tema gaya hidup berkelanjutan dengan sikap kemandirian siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji instrumen angket, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran P5RA tema gaya hidup berkelanjutan di kelas IV MIS NU Al-Utsmani Kajen berlangsung sistematis dan memenuhi seluruh dimensi P5RA, terlihat dari rata-rata skor angket 61,34 dalam kategori “sedang”. (2) Sikap kemandirian siswa juga berada dalam kategori “sedang” dengan rata-rata skor 60,25. (3) Hasil analisis regresi menunjukkan P5RA tema gaya hidup berkelanjutan berpengaruh signifikan terhadap sikap kemandirian siswa dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05). Persamaan regresi diperoleh Y = 13.941 + 0,755X menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam penerapan P5RA meningkatkan kemandirian siswa sebesar 0,755. Nilai R Square 0,312 menunjukkan pengaruh sebesar 31,2%, dengan korelasi sedang (R = 0,559).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: P5RA, Gaya Hidup Berkelanjutan, Sikap Kemandirian.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:35
Last Modified: 21 Mar 2025 13:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item