Wiyanto, Wiyanto (2025) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Siswa Kelas II di MI NU Jatirejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321148_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (962kB) |
![]() |
Text
2321148_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2321148_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Membaca dan menulis merupakan aktifitas yang paling penting dalam hidup karena dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca dan menulis. Namun seringkali masih terdapat siswa yang mengalami ksullitan dalam belajar membaca dan menulis. Peran guru sangatlah penting dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa. Dalam hal ini guru berperan penting dalam mencerdaskan siswa terutama mengajarkan siswa untuk bisa membaca dan menulis.Penelitian ini menggali Upaya Guru Kelas II di MI NU Jatirejo dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis yang dialami siswa serta faktor pendukung dan penghambat dari upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis. Rumusan masalah yang diangkat adalah: 1) Bagaimana Upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa kelas II di MI NU Jatirejo?, dan 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa kelas II di MI NU Jatirejo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsika bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesullitan belajar membaca dan dan untuk menganalisis apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa kelas II di MI NU Jatirejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan atau bisa disebut filed research, yakni penelitian yang dilakukan secara sistematis untuk mengambil data di lapangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan guru kelas II dan perwakilan dari pihak sekolah, serta observasi kegiatan belajar mengajar di kelas II MI NU Jatirejo. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait proses penelitian dan observasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: Reduksi data, penyajian data(display data) dan verivecation/ conclusion untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa kelas II di MI NU Jatirejo guru memberikan upaya dengan cara menjalin kerjasama dengan orang tua peserta didik, melatih dan membimbing peserta didik, memberikan jam tambahan, menggunakan media pembelajaran yang menarik, serta memberikan dorongan dan motivasi semangat belajar kepada peserta didik. Adapun faktor pendukungnya yaitu: fasilitas sekolah yang memadai dan tenaga pendidik yang mumpuni. Sementara faktor penghambatnya yaitu: semangat belajar yang renda, konsentrasi anak yang kurang, kurang perhatian dari orang tua dan waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis, Siswa Sekolah Dasar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:39 | ||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |