Analisis Strategi Digital Marketing Produk Jas Hujan Merk Sherlok Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Arafandy, Rayhandika (2024) Analisis Strategi Digital Marketing Produk Jas Hujan Merk Sherlok Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120145_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4120145_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4120145_Lampiran.pdf

Download (922kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

RAYHANDIKA ARAFANDY. Analisis Strategi Digital Marketing Produk Jas Hujan Merk Sherlok Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang berdampak terhadap kehidupan sehari-hari, saat ini banyak masyarakat yang menggunakan media online khususnya dalam berbelanja. Perkembangan teknologi digital membuat masyarakat lebih memilih berbelanja secara online karena lebih prakttis dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk pergi ke toko offline. Dalam perspektif pemasaran syariah, segala aktivitas yang dijalankan sebagai upaya pengembangan bisnis termasuk di dalamnya kegiatan pemasaran harus dilandasi nilai-nilai tersebut, sesuai dengan prinsip akad bermuamalah Islami. Permasalahan yang sering terjadi saat membeli barang melalui e-commerce pembeli tidak merasa puas atas barang yang dikirimkan oleh penjual, karena adanya ketidakjujuran penjual dalam mengirimkan barang dan tidak sesuai deskripsi dan gambar yang ditampilkan di aplikasi e-commerce tersebut. Oleh karena itu sebagai penjual harus menerapkan prinsip syariah dalam memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran dan nilai etika bisnis Islam yang digunakan oleh Toko Jas Hujan Sherlok Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dengan pemilik toko dan beberapa konsumen, observasi langsung ke Toko Jas Hujan Sherlok dan dokumentasi mengenai data-data pendukung, kemudian dianalisis menggunakan teori mix marketing 4P dan etika bisnis Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang digunakan oleh Toko Jas Hujan Sherlok sudah sesuai dengan teori mix marketing 4P yaitu product, price, promotion, place dan pemilik Toko Jas Hujan Sherlok dalam memasarkan produknya juga sudah sesuai dengan etika bisnis dalam Islam yaitu dengan mengedepankan etika, kejujuran dan nilai ketuhanan. Kata kunci: Digital, Marketing, Jas hujan, Etika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArisandi, DevyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Digital, Marketing, Jas hujan, Etika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:25
Last Modified: 21 Mar 2025 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12652

Actions (login required)

View Item View Item