Zuhroh, Amelia (2025) Implementasi Metode Permainan Kartu Kalimat Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sd Islam Kutosari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318205_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
2318205_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2318205_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
Abstract
Zuhroh, Amelia. 2025. Implementasi Metode Permainan Kartu Kalimat dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Islam Kutosari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas dan Ilmu Keguruan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dimas Setiaji Prabowo, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi Metode Permainan Kartu Kalimat dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Permainan kartu kalimat merupakan salah satu metode yang bisa memperbaiki peningkatan membaca pemahaman. Metode inilah yang nantinya akan menjadi kunci terbentuknya budaya luhur yakni sekolah yang memiliki kebiasaan membaca salah satunya SD Islam Kutosari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Rumusan penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi metode permainan kartu kalimat untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Kutosari Karanganyar Kabupaten Pekalongan dan faktor yang mempengaruhi membaca pemahaman dalam permainan kartu kalimat. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi metode permainan kartu kalimat dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Kutosari Karanganyar Kabupaten Pekalongan serta mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi membaca pemahaman dalam permainan kartu kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta analisis data. Teknik wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semistruktur. Wawancara semistruktur digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode permainan kartu kalimat untuk mengembangkan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Kutosari Karanganyar Kabupaten Pekalongan yaitu Perencanaan metode permainan kartu kalimat menyiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pelaksanaan metode permainan kartu kalimat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru menyiapkan kartu kalimat, guru menyuruh siswa membaca teks, guru membagi kelompok, guru membagi kartu kalimat. Evaluasi yang digunakan adalah berupa evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. 2) Faktor yang mempengaruhi membaca pemahaman dalam permainan kartu kalimat ada 3 yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan. Faktor intelektual yang merupakan mempengaruhi kemampuan membaca karena ada siswa yang belum lancar membaca atau masih terbata-bata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Permainan Kartu Kalimat dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:42 | ||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |