Efektivitas metode hafalan mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan

Munawaroh, Aqilatul (2017) Efektivitas metode hafalan mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Mufradᾱt merupakan hal mendasar dari pembelajaran bahasa Arab. Tanpa penguasaanMufradᾱtsiswa tidak bisa menguasai empat kompetensi dalam bahasa Arab yaitu : mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dengan baik. Untuk itu diperlukan metode yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab agar kebutuhan akan pembendaharaan Mufradᾱtdalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai sehingga ketrampilan berbahasa siswa juga dapat tercapai. Cara yang dilakukan oleh ibu Indah Zulfati selaku guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan adalah dengan menerapkan metode hafalanMufradᾱt. Metode hafalanMufradᾱt adalah cara menyajikan pelajaran bahasa Arab dengan jalan menyuruh siswa untuk menghafal Mufradᾱt yang ada didalam buku ajar. Metode ini diterapkan agar pembendaharan Mufradᾱtsiswa semakin banyak dan mudah memahami materi bahasa Arab. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul : Efektivitas Metode Hafalan Mufradᾱt dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan”, dengan rumusan masalah : Bagaimana penerapan metode hafalan Mufradᾱādalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan?Bagaimana efektifitas metode hafalanMufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan?Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode hafalan Mufradᾱtdalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI MA Ribatul Mutaalimin Kota Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fiel research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisi data yang digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan: penerapan metode hafalan Mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan adalah dengan cara guru menyuruh siswa untuk mnghafalkan beberapa Mufradᾱtyang ada materi pembelajaran. Adapun teknik yang digunakan oleh guru adalah menuliskan Mufradᾱtyang sudah dihafalkan dibuku masing-masing. Dalam kesempatan pertemuan pembelajaran bahasa Arab, teknik hafalan Mufradᾱt terkadang dengan cara menyuruh siswa untuk maju satu persatu untuk setoran menghafalkan Mufradᾱt. Dari hasil penelitian pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode hafalan Mufradᾱtkeaktifan siswa sudah baik. Guru memberikan daya tarik semangat terhadap siswa karena dengan metode hafalan Mufradᾱt, siswa menyelesaikan tugasnya secara mandiri. Kemudian dari hasil dokumentasi bahwa siswa kelas XI MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan nilai bahasa Arab menggunakan metode hafalan mufradᾱt telah mencapai KKM, dimana nilai KKM nya adalah 75 dan nilai bahasa Arab siswa mencapai rata-rata 80 dimana nlai tersebut masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode hafalan mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab peneliti katakan efektif. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode hafalan mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut: terdapat beberapa faktor pendukung yaitu adanya motivasi dari guru, kemampuan kognitif siswa, profesionalisme guru, serta penerapan metode pembelajaran yang tepat. Kemudian faktor penghambatnya yaitu lingkungan belajar siswa, keterbatasan waktu, minimnya fasilitas, serta kurangnya minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mufradᾱt, bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:51
Last Modified: 09 Mar 2021 05:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item